Keelokan Serayu menarik minat pecinta rafting dunia

Ditulis 20 Jan 2010 - 20:28 oleh Banyumas1
Serayu....

Serayu....

BANJARNEGARA – Keindahan pemandangan dan arus sungai Serayu di Banjarnegara rupanya menarik perhatian pecinta olah raga arung jeram manca negara. Setelah sebelumnya sukses menyelengggarakan Kejurnas Arung Jeram pada tahun 2007, kini  Banjarnegara ditunjuk sebagai tuan rumah dalam Australasian Championship 2010.

Arus sungai Serayu dari Selomerto ke Banjarnegara dinilai memiliki variasi yang sesuai bagi pecinta olah raga berbau petualangan ini. Grade-nya dianggap variatif.

“Berdasarkan survey dari IRF dan FAJI Banjarnegara dianggap cocok dan layak sebagai tempat kejuaraan internasional, ditambah dengan pemandangan alam yang menarik serta kesiapan masyarakat untuk menyambut kedatangan para tamu menjadi nilai lebih Banjarnegara sehingga di tunjuk untuk menyelenggarakan Kejuaraan ini,” ungkap Sekda Syamsudin SPd, MPd selaku Ketua Umum Panitia Daerah dalam even ini.

Sebanyak sebelas negara akan ambil bagian dalam kejuaraaan yang akan digelar tanggal 20 – 26 April 2010 tersebut. Mereka yang tampil adalah tim arung jeram hasil seleksi di negaranya masing-masing. Kesebelas negara tersebut adalah Australia, China, India, Iran, Jepang, Kazakhstan, Korea, Nepal, Selandia Baru, Philipina, dan tuan rumah Indonesia. Setiap negara nantinya akan mengirim dua tim putra dan dua tim putri.

Menurut Syamsudin ajang tersebut sangat tepat untuk digunakan untuk memulihkan citra keamanan di Indonesia kepada dunia internasional. Selain itu juga untuk mempromosikan obyek wisata dan potensi alam terutama yang berkaitan dengan olahraga arung jeram. “Kejuaraan ini juga bertujuan untuk memasyarakatkan arung jeram dan memotivasi para atletnya untuk bisa berprestasi,” imbuhnya.

Selain di sungai Serayu, kejuaraan arung jeram internasional ini rencananya akan digelar di Sungai Progo, dengan jadwal tanggal 20-24 April diadakan di sungai Serayu Banjarnegara kemudian dilanjutkan tanggal 25-26 April di Sungai Progo.

Banjarnegara memang memiliki potensi kuat di mana alam Serayu menjadi berkah yang sangat berharga. Kini di sana dikelola Serayu Adventure, dimana para pengunjung dapat menikmati arung jeram dengan bimbingan tentor / pemandu yang berpengalaman. Selain rafting juga tersedia outbond arena, yang cocok untuk membentuk kekompakan team. (BNC/*)

Tentang Penulis

Leave A Response