Purbasari Pancuranmas Tambah Wahana Wisata Istana Burung

Ditulis 28 Jul 2014 - 09:13 oleh Yit BNC

istana burung Purbasari PancuranmasPURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuran Mas di Purbalingga (Jateng) kini memiliki wahana baru berupa Bird Park Istana Burung Impor. Wahana baru yang menambah daya tarik obyek wisata bercirikan aquarium ikan air tawar ini, diresmikan oleh Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto.
“Kehadiran Istana Burung Impor ini menjadi sebuah inovasi yang luar biasa. Mudah-mudahan mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi,” ungkap Bupati Sukento usai menandatangani prasasti peresmian Istana Burung Impor bersama Komisaris TWP Purbasari Pancuran Mas, H Sarimun dan Direktur TWP Junjung, Minggu (27/7/2014).

Sebelumnya, Bupati memberi target 200 ribu kunjungan wisatawan ke Purbalingga selama libur lebaran ini. Target itu, lanjut Bupati bukan hal mustahil karena manajemen obyek wisata unggulan Purbalingga yakni Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong), selama 10 hari libur lebaran ini menargetkan dikunjungi 100 ribu pengunjung.

“Dengan adanya wahana baru, saya kira Purbasari Pancuran Mas bisa dikunjungi 50 ribu wisatawan. Ssisanya dari berbagai obyek wisata lainnya di Purbalingga,” jelasnya.

Bupati kembali mengingatkan agar pengelola obyek wisata selalu menjaga kebersihan, ketertiban, keamanan dan norma kesusilaan. Juga menjaga agar makanan yang dijajakan di obyek wisata terjaga secara higienis dan kehalalannya.

“Ketika pelanggan merasa puas, tentu akan mengabarkannya kepada keluarga dan kerabat lainnya. Dengan demikian mereka akan datang kembali. Dan Purbalingga Emas secara bertahap akan terwujud,” tandas Bupati.

Satu Satunya
Istana Burung Impor yang diresmikan, saat ini baru dihuni sedikitnya 40 jenis burung langka dari sejumlah negara, seperti Belanda, Makau, Australia, Cina bahkan beberapa jenis burung dari Afrika. Selain itu, sebelumnya tempat wisata pendidikan yang berada di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara, Purbalingga, juga sudah memiliki koleksi aneka burung nusantara.

“Kalau menjadi yang terlengkap belum lah. Tapi saya kira ini menjadi satu-satunya di Jawa Tengah,” kata TWP Direktur Purbasari Pancuran Mas, Junjung.

Selain untuk koleksi wisata pendidikan, burung- burung impor tersebut juga akan ditangkarkan. Dalam waktu kedepan, areal istana burung akan diperluas 8000 meter lagi dari yang ada sekarang seluas 2000 meter.
“Wisatawan khususnya anak-anak akan tahu jenis burung nusantara dan burung impor. Sebetulnya burung nusantara tidak kalah dengan burung impor. Hanya saja sekarang banyak yang dilindungi jadi hanya untuk pendidikan saja,” jelasnya.

Untuk dapat melihat-lihat aneka burung itu, pengunjung tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu banyak. Karena untuk masuk areal TWP Purbasari Pancuran Mas, pihak pengelola hanya mewajibkan membeli tiket terusan sebesar Rp 15 ribu. Tiket semurah itu dapat untuk mengunjungi berbagai wahana yang ada seperti Aquarium Eksotik, Aquarium Nusantara, Bird Park/Istana Burung Import, Kolam Renang, Waterboom,Wisata Praon dan terapi ikan.
“Pengunjung hanya perlu tambahan biaya masuk untuk wahana Movie 3 Dimensi dan sewa pelampung wisata praon,” tambahnya. (BNC)

IMG_5466 IMG_5429 IMG_5452 IMG_5456

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. bandung paradise 29/09/2015 pukul 11:13 -

    ada berapa macam burung import yang berada di Bird Park ini ? sekilas info .

Leave A Response