Cilacap jadi pilot project ‘Desa Tangguh’ dalam penanganan bencana

Ditulis 19 Jan 2010 - 21:03 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
78
Dalam Tag

bencana alamCILACAP – Sebagai antisipasi dalam menghadapi bencana yang sering melanda wilayah Kabupaten Cilacap, dikembangkan pilot project ‘desa tangguh’, yaitu pengembangan desa menjadi desa tangguh dalam penanganan bencana alam yang berbasis komunitas.

Sebanyak 6 desa yang tersebar di 5 Kecamatan di Kabupaten Cilacap, masing-masing Desa Negara Jati (Cimanggu), Desa Panulisan Barat (Dayehluhur), Pahonjean, Mulyadadi (Cimanggu), Widarapayung Wetan (Binangun), dan Bunton (Adipala) dipilih sebagai desa tangguh tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Propinsi Jawa Tengah Priyantono Djarot Nugroho, disela acara sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) di Gedung Griya Patra Cilacap, Senin (18/1) mengatakan, PRBBK merupakan suatu kegiatan  yang dilakukan oleh lembaga-lembaga yang konsentrasi dalam penanganan bencana di Indonesia.

Dalam sosialisasi yang dihadiri para Kades dan Camat yang wilayahnya dinilai rawan bencana tersebut merumuskan kegiatan pengurangan risiko bencana yang akan dilakukan diwilayahnya masing-masing.

Rumusan tentang strategy PRBBK tersebut meliputi, Subyek (suprastruktur, infrastruktur), Obyek (risiko bencana dan perubahan iklim), Metode (pendidikan, pemberdayaan, regulasi, fasilitasi, sosialisasi, komunikasi, advokasi/ pendampingan), Ketersediaan sarana dan prasarana / alokasi dana yang memadai serta sasaran yang ditangani merupakan hal luar biasa yang ditangani dengan cara luar biasa.

Kabupaten Cilacap yang merupakan pilot project dalam kegiatan pengembangan desa tangguh tersebut  telah menunjuk 3 lembaga untuk melaksanakan kegiatan PRBBK yang akan berlangsung selama satu tahun. Ketiga lembaga tersebut masing-masing adalah, perkumpulan Lingkar, Mitra Alam dan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Pembangunan (LPPSP). Sosialisasi kegiatan PRBBK merupakan hasil kerjasama antara Pemprov Jawa Tengah dengan UNDP dalam program Safer Community trough Disaster Risk Reduction in Development (SCDRR).(BNC/*)

Tentang Penulis

Leave A Response