Cilacap,Banyumas dan Purbalingga dihajar Angin Puting Beliung

CILACAP-Angin puting beliuang yang melanda Kabupaten Cilacap Jawa Tengah,Minggu (17/01) siang mengakibatkan ratusan rumah rusak..Bencana tersebut juga mengakibatkan seorang warga mengalami luka serius akibat tertimpa bangunan.

Atinissa, reporter BNC melaporkan dari Cilacap,angin puting yang melanda dua desa, Ujung Manik dan Bringkeng di Kecamatan Kawunganten  ini benar mengejutkan warga.

Hanya dalam tempo lima menit, ratusan pohon tumbang menimpa rumah penduduk. Menurut warga, tiupan angin yang disertai hujan ini terjadi sekitar pukul empat sore. Warga yang saat itu bertada di dalam rumah langsung berhamburan keluar begitu mendengar suara pohon tumbang.

“Ini merupakan yang kedua setelah sehari sebelumnya juga terjadi di sini,”ujar Agus warga setempat.

Dalam peristiwa ini seorang kakek bernama Jadi (80) yang berusaha keluar rumah tertimpa kaca dan pintu sehingga mengalami luka serius di kepala dan tangan.

Menurut Camat Kawunganten, Suranto, data sementara di dua desa tertsebut tercatat 101 rumah rusak berat dan 162 rumah lainnya rusak ringan. Dari jumlah itu sebagian besar yang rusak merupakan rumah dari papan dan anyaman bambu.

Sementara itu di Banyumas angin puting beliung melanda sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Cilongok,Baturaden dan Wangon. Reporter BNC, Mutia yang berada di Desa Gununglurah siang tadi melaporkan, enam rumah di desa tersebut tertimpa pohon. Satu areal kandang ayam ambruk akibat terpaan angin.

Begitupula yang dilaporkan Reporter Istia dari Purwokerto. Sebuah kendaraan yang lewat di jalur Desa Pandak tertimpa pohon. Tidak ada korban jiwa, namun seorang sopir trluka.

Sekitar pukul lima sore, seorang warga Wangon mengirim sms. Puting beliung juga melanda Wangon dan mengakibatkan 20 rumah rusak. Satkorlak PBA Banyumas membenarkan, namun belum ada data pasti kerusakan di Wangon.

Tegar Brillianto dari Purbalingga mengirim kabar, puting beliung mengakibatkan puluhan seng rumah warga berhamburan. Angin tersebut juga merontokan pohon Beringin yang berada di alun alun Purbalingga. Hingga tadi malam, Satkorlak PBA masih mendata jumlah rumah yang rusak (BNC/tin/mut/ist/tgr)

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.