Meriah, Peringatan 8 Hari Besar di Banjarnegara digelar secara bersama

Ditulis 16 Jul 2009 - 22:15 oleh Mr Banyumas
banjarngara2
Bupati Djasri menyerahkan Perhargaan Keselamatan Lingkungan kepada Sofan Nur Rois, penggagas pemanfaatan salak afkir untuk bioetanol. (Foto: banyumasnews.com/est)
banjarngara
Mengawali dan memeriahkan Hari Koperasi dan 7 Hari Besar Lainnya, dilaksanakan Lomba Devile yang diikuti 20 kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara. (Foto: banyumasnews.com/esti-Humas Banjarnegara)

Pelaksanaan Peringatan Delapan Hari Besar dalam satu upacara di Alun-alun Banjarnegara berjalan meriah. Diawali dengan lomba deville atau kirab pasukan Koperasi dari 20 kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara, dilanjutkan dengan upacara yang diikuti semua peserta deville dan diakhiri dengan penyerahan penghargaan.
Bupati Djasri yang memimpin langsung upacara engatakan meskipun sudah memasuki dinamika ekonomi global, koperasi masih relevan.
“Melalui peringatan ini diharapkan koperasi bisa meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan,” ujarnya.
Tak hanya itu, terkait dengan Hari Lingkungan Hidup, bupati kembali mengingatkan semua pihak untuk meminimalkan eksploitasi sumber daya alam yang membabi buta dan pelepasan gas karbondioksida secara berlebihan melalui pabrik atau kendaraan bermotor yang tidak terawat. Sebagai gantinya, bupati meminta semua pihak untuk mentradisikan menanam pohon dengan slogal satu orang satu pohon.
Peringatan ini telah dilaksanakan sejak awal Juli hingga 18 juli mendatang dengan berbagai kegiatan seperti Lomba Tertib dan Kemajuan Usaha Koperasi, Pemasangan Spanduk, Lomba Catur, Lomba Tangkas Trampil Koperasi, Lomba Paduan Suara, Seminar Ekonomi Kerakyatan, Devile, Ekspo, Bhakti Donor darah dan jalan sehat .
Dalam rangka Hari Keluarga Nasional, juga dilaksanakan berbagai lomba Keluarga Berencana. Untuk memperingati Hari Kebangkitan Perempuan Indonesia, dilaksanakan seleksi relawan pembela hak-hak perempuan.
Untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup, juga dilaksanakan berbagai kegiatan seperti gerakan Jumat Bersih, Kirab Piala Adipura. Untuk Hari Bulan Bhakti Gotong Royong dilaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui gotong royong. Untuk kegiatan Hari Anti Narkoba Internasional dilaksanakan Lomba Poster dan P4GN dan terakhir Hari Anak akan dilaksanakan Dialog Interaktif antara anak-anak dan Bupati serta Muspida di Pendopo Dipayuda 23 Juli mendatang. (banyumasnews.com/esti)

Tentang Penulis

Leave A Response