Penanganan laguna Segara Anakan butuh komitmen lintas sektoral

Ditulis 15 Jan 2010 - 07:32 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
90
Dalam Tag

CILACAP – Komitmen dari semua pihak terutama pemerintah pusat sangat diperlukan  dalam upaya mengurangi laju sedimentasi yang masuk ke Laguna Segara Anakan. Hal tersebut mengingat berdasarkan hasil pengolahan data peta Citra Satelit Spot 5 tahun 2008, dalam hitungan beberapa tahun kedepan, laguna Segara Anakan akan semakin hancur. Dan secara ekologis maupun ekonomis tidak mampu berfungsi secara baik dalam mendukung sumber daya perikanan serta ancaman bencana lainnya berupa banjir.

Demikian dikatakan Deputy III Bidang Koordinasi Kependudukan Kesehatan dan Lingkungan Hidup Kementrian Koordinator Bidang Kesra dr.Emil Agustiano, saat memimpin Rakor Penyelamatan Kawasan Segara Anakan di Kantor Bappeda Cilacap, Kamis (14/1).

Menurut Emil, adanya kepastian dan komitmen dari tim Menko Kesra beserta Departemen terkait, terhadap upaya penyelamatan Segara Anakan pada awal Januari 2010 mendatang akan digelar Rakor multi sektoral tingkat menteri yang akan berlangsung di Cilacap.

Emil menambahkan, keseriusan masalah penyelamatan Segara Anakan juga terkait dengan upaya peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan secara bijaksana Kawasan Segara Anakan dan sekitarnya, dengan mengoptimalkan potensi wilayah yang disesuaikan dengan kemampuan masyarakat yang mendiami wilayah tersebut.

Sebelumnya Asisten Ekonomi dan Kesra Sekda Cilacap Ir.A Prileo Triasto yang mewakili Bupati Cilacap dalam sambutannya mengungkapkan, sedimentasi di Segara Anakan mencapai 5 juta m3/tahun yang berasal dari hulu Sungai Citanduy dan Cimeneng. Akibatnya laguna terus menyempit dan berpengaruh terhadap merosotnya daya dukung lingkungan dan meningkatnya tanah timbul. Rakor yang berlangsung sehari itu diikuti oleh dinas/instansi terkait.(Clp/ist)

segara anakansegara anakan 2

segara anakan 3

segara anakan 4

Tentang Penulis

Leave A Response