Membandel, Aparat Satpol PP Banyumas Grebek Penambangan Batu

BANYUMAS-Meski sudah seringkali diperingatkan petugas, namun aktivitas penambangan batu di sepanjang Sungai Logawa Banyumas, Jawa Tengah masih terus dilakukan. Rabu (13/10) siang, petugas kembali melakukan razia dan langsung menyita alat alat yang digunakan oleh para penambang. Beberapa penambang mencoba menghalangi, namun akhirnya justru kabur meninggalkan lokasi.

Tanpa peringatan apapun, petugas langsung menyita alat alat penambangan batu liar yang dilakukan di sepanjang Sungai Logawa Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas. Sejumlah truk yang berada di lokasi diusir oleh petugas agar meninggalkan tempat tersebut. Namun mereka tetap membandel. Beberapa penambang bahkan mencoba menghalangi petugas.

Tanpa memperdulikan rengekan para penambang, petugas yang menurunkan puluhan petugas akhinya menyita sebuah truk dan alat alat yang digunakan untuk menambang disita aparat.

“Razia ini sebenarnya sudah seringkali dilakukan, namun para penambang tetap membandel. mereka tidak memperdulikan kondisi lingkungan yang makin kritis akibat pengambilan batu kali tersebut. Coba lihat, tanah di pemukiman yang berada di sepanjang sungai logawa kini terkikis dan mengalami erosi akibat penambangan itu,” ujar Kasatpol PP Nungky HR.

Aarat Satpol PP kemudian mengangkut alat alat berupa, cangkul, ban pelampung dan rakit dari bambu. Sebuah truk juga dibawa petugas ke markas Satpol PP di Purwokerto.

Petugas sudah tidak akan memberikan toleranis terhadap para penambang liar tersebut. Karena mereka sudah tiga kali diperingatkan namun tetap melakukan aktivitas penambangan. Petugas akan melakukan kordinasi dengan aparat kepolisian untuk menindak para penambang tersebut (BNC/tia)

5 Comments

  1. apa2 lho wong cilik d garuki nang satpol pp,rakus temen.arep d dol kilon kaeh nggo nambah2 duit.
    kae nyambut gawe nang kali nggo ngempani anake lan bojone,apa rika bisa ngempani……??????
    nex ana pabrik nang banyumas,wong desa karo wong cilik kudu d olih kerjaan,aja kur senenge nggaruk2 wong cilik.HIDUP WONG CILIK…..

  2. Tolong untuk kali klawing di Desa Penaruban perbatasan dengan Desa Sempor Kecamatan Kaligondang juga terus digali ditambang oleh CV. Sambas, mohon kiranya aparat terkait hendaknya melakukan penindakan dikarenakan sudah berlangsung lama dan membuat kerusakan ekosistem lingkungan di sekitar aliran sungai klawing khusunya diseputar wilayah aliran sungai di wilayah Desa Sempor dan Desa Brecek. Trimakasih atas perhatiannya.

  3. ya mulane kue janjine kanjeng bupatine ganu jere arep mbangun pabrik nang tiap pinggiran banyumas jg urung keton

  4. ya pak tapi diwei kerjaan liane, wong desa rata-rata bs patuh nek ora kepepet ana pahalan liane

  5. awe arep nyambut gawe opo ? yen nambang watu golek duit wae ora entuk !
    opo duit koruptor arep di dum dum ke nyang rakyat ?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.