Dalang Ki Sugino ramaikan prosesi ruwatan desa

ilustrasi
ilustrasi

PURWOKERTO – Dalang Ki Sugino Siswo Carito dari Desa Notog Kecamatan Patikraja, Selasa malam (12/1) bertempat di pendopo Balai Desa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor, tampil ’manggung’ dalam pagelaran wayang kulit, dalam rangka ”Ruwatan Desa”.

Sementara itu, Bupati Mardjoko mengharapkan agar prosesi ruwatan yang dilaksanakan sebagai sarana memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa dapat membawa berkah dan keselamatan bagi seluruh warga desa, sehingga roda pemerintahan desa dan aktifitas hidup masyarakat dapat berjalan dengan semestinya, serta tetap dalam bimbingan dan lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Bupati berharap pagelaran wayang kulit disamping menjadi hiburan bagi masyarakat, khususnya warga Desa Kalicupak Lor dan sekitarnya, juga bisa menjadi wahana untuk menggali dan mengembangkan potensi seni budaya wayang kulit, sehingga masyarakat semakin mengenal, mencintai dan merasa handarbeni dan timbul kepeduliannya untuk nguri-uri warisan luhur seni budaya yang dimiliki sebagai masyarakat Jawa dan masyarakat Banyumas.

Bupati juga berharap masyarakat tetap memedomani nilai-nilai jati diri sebagai wong banyumas yang senantiasa menjunjung tinggi sikap keterbukaan (cablaka), kebersamaan (guyub rukun) dan kekeluargaan (seduluran). (BNC/Ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.