Muhammadiyah Gombong adakan sarasehan budidaya walet

Ditulis 12 Jan 2010 - 19:48 oleh Banyumas1
Muhammadiyah

Muhammadiyah

KEBUMEN – Budidaya sarang burung wallet menjanjikan ‘harta karun’ mengingat harganya yang begitu tinggi. Demikian dikatakan konsultan walet dari Yogyakarta, H Ahmad Sayuti saat berbicara pada sarasehan budidaya dan pembuatan sarang burung walet yang digelar Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gombong, Senin (11/1).

Sarasehan yang diikuti oleh 90 peserta itu digelar di gedung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong. Hadir Ketua PCM Gombong Ir HM Fuad Yahya SE dan seluruh PCM se-Kabupaten Kebumen, serta ranting se-Kecamatan Gombong. Tampak pula sejumlah pengusaha di Gombong antara lain Ir Ngadino, H Guntoro, dan H Subono HK.

Dengan pelatihan budidaya dan pembuatan sarang burung walet diharapkan semua lapisan masyarakat bisa membudidayakan burung walet dengan biaya yang terjangkau.

Pada kesempatan itu, pria asli Pati itu juga memberikan pengetahuan bagaimana memanfaatkan rumah tinggal menjadi rumah seriti. Kemudian bagaimana mengubah rumah yang telah ditempati seriti menjadi rumah walet. Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan materi tentang cara meningkatkan rumah walet menjadi rumah walet modern.

Kegiatan diharapkan membangkitkan potensi ekonomi umat Muhammadiyah melalui usaha sarang burung walet, yang dapat manjadi usaha terobosan baru di lingkungan amal usaha Muhammadiyah.

Ketua Majelis Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan PCM Gombong, Muhrodi SPd menambahkan, usaha-usaha lain yang telah berjalan adalah peternakan kambing yang diberikan di tiap-tiap ranting Muhammadiyah se-Kecamatan Gombong dan sudah berjalan tiga tahun. Usaha lainnya adalah simpan pinjam untuk warga Muhammadiyah dengan bunga 0 % yang sudah berjalan satu tahun, dan ke depan akan dibentuk koperasi Muhammadiyah di Gombong. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response