Sekdes tak diangkat PNS mendapat kompensasi 5 – 20 juta

CILACAP – Sebanyak 19 orang Sekretaris Desa (Sekdes) di wilayah kabupaten Cilacap yang tidak diangkat menjadi Pegawai negeri Sipil (PNS), mendapat kompensasi dari Pemkab Cilacap antara Rp 5 hingga Rp 20 juta.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Cilacap Jarot Prasojo mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.45 dan Permendagri No.50 tahun 2007, Sekdes yang tidak diangkat menjadi PNS diberikan tunjangan kompensasi berdasarkan masa kerja. Masa kerja 1-5 tahun mendapatkan kompensasi sebesar Rp 5 juta. Sedangkan lebih dari 5 tahun ditambah Rp 1juta atau paling tinggi Rp 20 juta.

Dari 19 orang Sekdes yang menerima kompensasi tersebut mempunyai masa kerja yang bervariasi antara 5 hingga 25 tahun. Mereka antara lain tersebar di 11 kecamatan, yakni Kecamatan Jeruklegi (Tritih Wetan), Kesugihan (Slarang), Kroya (Sikampuh), Maos (Karangkemiri), Adipala (Doplang), Binangun (Pagubugan), Sidareja (Margasari, Sudagaran, Kunci), Karangpucung (Tayem Timur), Majenang (Cibeunying), Wanareja, Tarisi), dan Dayeuhluhur (Cilumping, Sumping Hayu, Bingkeng, Panulisan, Dayeuhluhur).

Wakil Bupati Cilacap H Tatto Suwarto Pamuji yang diwakili Asisten Pemerintahan Edy Hidayat, usai menyerahkan kompensasi di Gedung Sumekar, Selasa (12/1) berharap, agar para sekdes yang telah purna tugas untuk tidak berhenti untuk mengabdikan diri di masyarakat. Wabup mempercayai atas kemampuan dan ketokohannya selama ini. Karena itu ada banyak pilihan untuk mengabdikan diri selanjutnya seperti di Badan Perwakilan Desa (BPD) ataupun lembaga kemasyarakatan desa yang lain.

Sementara kepada para kepala desa maupun ketua BPD setempat, setelah diberhentikan dan diberikannya kompensasi tersebut ia mengingatkan segera meninjau hak-hak yang telah diterima oleh para Sekdes dan menyerahkan pengelolaan tanah kas desa yang selama ini dikelola. Disamping itu,  memperhatikan tentang ketentuan tentang Sekdes baru PNS, sehingga apa bila ada desa yang belum diisi PNS kelancaran pelaksanaan pelayanan masyarakat tetap terjaga melalui cara-cara yang benar.(BNC/Ist))

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.