Bencana Longsor di Ajibarang, Rumah Ambrol dan Jalan Ambles

Ditulis 11 Jan 2010 - 21:50 oleh Banyumas1

BANYUMAS-Hujan deras yang mengguyur wilayah Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah mengakibatkan sebuah rumah ambrol dan puluhan lainnya rusak. Longsor juga membuat jalan yang menghubungkan antar kecamatan ambles.

Keterangan yang diperoleh BNC di lokasi menyebutkan, satu rumah nyaris ambruk, setelah tanah yang berada dibawahnya longsor sepanjang 50 meter. Rumah milik Watim (40) warga Desa Karangbawang Kecamatan Ajibarang ini sudah dalam posisi menggantung. Sementara puluhan rumah lainnya rusak akibat terjangan tanah yang berada diatas pemukiman penduduk.

Menurut warga, longsor terjadi saat hujan turun deras mengguyur wilayah tersebut, Senin (11/10) Siang. Mendadak tanah di Dusun Kalisalak Karangbawang yang berada di pemukiman penduduk bergerak.

Beruntung pemilik rumah sudah keluar sebelum peristiwa terjadi. Akibat kejadian ini puluhan KK yang rumahnya dilokasi itu kini mengungsi. Mereka khawatir terjadi longsor susulan, karena curah hujan masih tinggi.

Sementara itu di lokasi yang masih di Wilayah Kecamatan Ajibarang Banyumas, sebuah jalan alternatif Desa Kracak yang menghubungkan antar kecamatan ambles. Kejadian ini merupakan kali ketiga. Namun kali ini makin parah, karena badan jalan sudah tidak bisa dilalui kendaraan roda empat (banyumasnews.com/mut)

Tentang Penulis

Leave A Response