Dalang Jemblung Raih Juara 3 Provinsi

Ditulis 21 Apr 2014 - 17:19 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
115
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Dalang jemblung, salah satu bentuk seni tradisional asli Banyumas yang hampir punah ternyata mampu memukau dewan juri dalam Lomba Seni Pertunjukan Rakyat Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalang Jemblung yang dimainkan oleh Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Purbalingga mampu menyisihkan sejumlah pesaing, meski hanya mampu diperingkat ketiga setelah FK Metra dari Surakarta dan Kabupaten Sragen.

Acara penyerahan hadiah berlangsung Sabtu (19/4) malam di Taman KB Semarang. Peringkat 1 sampai 3 diwajibkan tampil dalam gelaran yang dihadiri kepala Dinas Perhubungan Provinisi Jawa Tengah Urip Sihabudin dan ketua FK Metra Perovinsi ST Sukirno.

Kepala Dinhub Provinsi Urip Sihabudin mengharapkan, keberadaan FK Metra mampu dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh dinas perhubungan di kabupaten/kota sebagai forum binaan. “Dimanfaatkan untuk menjadi media diseminasi semua program pemerintah. Sehingga melalui FK Metra tersebut, program pemerintah mampu menembus ke lapisan masyarakat paling bawah. Hanya dengan media tradisional ini, proses diseminasi informasi akan nampak lebih halus dan mampu menyentuh  grassroot,” kata Urip.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Purbalingga Jonathan Eko Nugroho mengatakan, dengan terpilihnya FK Metra Kabupaten Purbalingga sebagai juara ketiga, diharapkan lebih aktif dalam memberikan pemahaman kepada kelompok kesenian yang tergabung dalam forum ini. “

“Agar dalam setiap penampilanya mampu memberikan muatan informasi yang disesuaikan dengan kondisi  atau lingkungan penonton. Setiap penampilan grup kesenian disisipi dengan pesan-pesan yang bersifat informative, terkait program pemerintah yang perlu disosialisasikan,” katanya. (BNC)

 

Tentang Penulis

Leave A Response