50 Juta Smartphone Android Rentan terhadap Virus Heartbleed

Ditulis 19 Apr 2014 - 16:25 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
137
Dalam Tag
Android Jelly Bean

Android Jelly Bean, rentan terhadap serangan virus Heartbleed.

BanyumasNews.com – Pada 9 April lalu Google selaku pengembang sistem operasi Android menyatakan bahwa semua versi Androis kebal terhadap CVE-2014-0106 (Heartbleed), kecuali Android versi 4.1.1 alias Jelly Bean. Ini artinya, semua perangkat dengan sistem Android versi selain Jelly Bean terancam virus.

Berapa banyak perangkat telepon pintar yang menggunakan sistem Android selain versi Jelly Bean? The Guardian, setelah mengolah data dari berbagai sumber, memperkirakan ada sekitar 50 juta smartphone yang memakai sistem Android selain Jelly Bean. Dengan demikian, 50 juta ponsel cerdas berpotensi dirasuki virus Heartbleed.

“Selama jangka waktu tujuh hari (7-13 April 2013), pengguna Android 4.1.1 menghasilkan 19 persen dari total lalu lintas web Android 4.1 Amerika Utara, dan pengguna versi 4.1.2 menghasilkan pangsa 81 persen,” demikian hasil amatan Chitika yang menjadi salah satu sumber The Guardian, seperti dikutip dari Digital Trends.

Google sendiri belum menyebutkan secara resmi berapa banyak perangkat yang berpotensi diganggu Heartbleed. Yang jelas, setiap smartphone dengan sistem operasi selain Android Jelly Bean dapat diretas menggunakan metode “reverse Heartbleed.”

Ponsel pintar yang telah diretas dapat dimanfaatkan server jahat untuk mengambil data-data dari browser ponsel, seperti dari sesi terakhir dan login, juga kata sandi untuk akun-akun yang dibuka melalui ponsel tersebut. Setelah itu, peretas dapat menggunakan data-data tersebut untuk kepentingannya sendiri yang bisa jadi merugikan pengguna ponsel.

Berita baiknya, sejauh ini belum ada laporan mengenai keberadaan bug ini. Risikonya pun masih bersifat teoritis. Meski demikian, ada baiknya berjaga-jaga sebelum terjadi. Agar tak was-was, pengguna sistem operasi Android 4.1.1 bisa memeriksakan ‘kesehatan’ smartphone-nya menggunakan aplikasi Lookout.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response