Belum Genap Setahun Diluncurkan, Nokia Hentikan Penjualan Tablet Lumia 2520

Ditulis 19 Apr 2014 - 15:23 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
130
Dalam Tag
Nokia Lumia 2520

Nokia Lumia 2520, tablet pertama Nokia ini ditangguhkan penjualannya karena masalah pada charger baterai.

BanyumasNews.com – Tablet pertama Nokia yang belum genap setahun diperkenalkan ke pasar, Lumia 2520, sudah dihentikan sementara penjualannya. Langkah ini diambil menyusul adanya potensi gangguan kesehatan dan keselamatan bagi pengguna tablet bersistem Windows ini.

Mengutip GSM Arena, sebenarnya bukan tabletnya yang menimbulkan potensi gangguang, melainkan pengisi ulang daya baterai (charger). Dalam kondisi tertentu, bagian penutup charger bertipe AC-300 yang menjadi satu paket dengan tablet ini bisa longgar dan terbuka. Akibatnya, pengguna dapat terkena sengatan listrik jika menyentuh charger saat mencolokkannya ke terminal listrik.

Hal ini kemudian membuat Nokia melakukan pengujian internal untuk memperbaiki charger Lumia 2520. Hingga pengujian ini berjalan, seluruh aktivitas penjualan tablet yang diluncurkan di Abu Dhabi tahun lalu tersebut akan ditangguhkan.

Bagi konsumen yang telah membeli Nokia Lumia 2520, produsen menyarankan pengguna untuk tidak memakai charger bawaan tablet tersebut. Demi alasan keamanan, Nokia memperbolehkan pelanggan untuk memakai charger opsional. Biasanya, penggunaan charger yang bukan bawaan asli dapat menggugurkan klaim garansi.

Nokia menyebutkan, persoalan ini mengakibatkan sekitar 30 ribu charger yang telah terlanjur beredar di pasaran tidak bisa digunakan demi keselamatan pemakai.

Tablet Nokia Lumia 2520 diluncurkan pada 22 Oktober 2013 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pabrikan asal Finlandia yang telah dibeli Microsoft ini membekali Lumia 2520 dengan sistem operasi Window RT 8.1. Untuk tampilan fisik, Lumia menggunakan layar 10,1 inci 1080 full HD AHIPS Capacitive Multi-Touch Display. Sedangkan bagian dalamnya ditanamkan prosesor 2,2GHz Quad Core Qualcomm Snapdragon 800, memori 2GB, Gorilla Glass 2, dan ruang penyimpanan internal berkapasitas 32GB.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response