Pengurusan KTP di Kebumen belum bisa satu hari

KEBUMEN – Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Th 2006 tentang Administrasi Kependudukan memerlukan pemutakhiran data kependudukan. Dengan adanya pemutahiran data kependudukan atas dasar amanat UU tersebut, nantinya diharapkan pelayanan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan dokumen kependudukan lainnya dapat dilayani satu hari. Namun demikian di Kebumen, karena keterbatasan peralatan dan sumber daya manusia  yang ada, pelayanan tersebut belum memungkinkan.

Demikian Kepala Bidang Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen, Drs. Aris Subiyakto, menanggapi adanya masukan dari masyarakat yang mengeluhkan pelayanan dokumen kependudukan belum bisa terlayani sebagaimana mestinya. Ditambahkan, Undang-undang Kependudukan tersebut memberikan kewenangan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Capil, untuk menandatangani dokumen kependudukan sekaligus validasi data yang tadinya dilakukan oleh Camat.

Pemutahiran data base sendiri nantinya bisa digunakan oleh banyak pihak, karena ada 33 item yang termuat, diantaranya nama, jenis kelamin, penduduk ber KTP, penduduk miskin, dan pekerjaan.

Penerbitan dokumen kependudukan, pada dasarnya, meskipun penanda tanganan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Capil, tetapi pelayanan bisa dilakukan di 26 kecamatan, utamanya 17 kecamatan yang sudah terkoneksi melalui jaringan yang tersedia, sedangkan sembilan kecamatan menggunakan jaringan speedy.

Yang perlu maklumi masyarakat, dikarenakan perangkat yang digunakan untuk processing dokumen kependudukan di tiap kecamatan (sekaligus juga pemutahiran data), masih menggunakan jaringan teknologi nirkabel (wireless) sehingga  untuk kelancarannya sangat tergantung pada kondisi cuaca.

Aris Subiyakto menegaskan, mengatasi kondisi yang demikian, kepada operator di tiap kecamatan, dijadwal membawa berkas mutasi dokumen kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Capil untuk segera diproses.(BNC/Ist).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.