APE Lokal Kualitas Nasional

Ditulis 17 Apr 2014 - 15:02 oleh Nanang BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
149
Dalam Tag
Karyawan home industri APE milik Sukarman tengah memotong besi (foto ruhito)

Karyawan home industri APE milik
Sukarman tengah memotong besi (foto ruhito)

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com)  – Tidak semua mainan anak berdampak negatif. Ada juga permainan anak yang memiliki nilai edukasi dan mampu memacu kecerdasan otak atau yang sering disebut Alat Permainan Edukatif (APE) yang diproduksi Sukarman, warga Desa Blambangan, Kecamatan Bawang, Banjarnegara.

Meski produksi lokal, APE buatannya berkualitas nasional. Tak heran jika hasilnya sudah dikirim ke sejumlah kota yang ada di Indonesia. ”Dengan dibantu delapan orang karyawan, kami menerima order secara kolektif maupun perorangan. Dengan dibantu delapan karyawan, hasil produksinya sampai keluar kota bahkan sampai wilayah Semarang dan Kendal,” ungkap Sukarman (17/4).

Selain memperhitungkan faktor keamanan bagi anak-anak mulai dari bahan hingga kegunaannya, kualitas dan variasi juga benar-benar diperhitungkan. “Untuk spek dasarnya memang sudah ada dari pemerintah, namun untuk variasi dan pengembangan agar lebih menarik tetap kita lakukan selama tidak membahayakan,”  ujarnya.

APE Luar beragam jenis yang telah dihasilkannya seperti ayunan, undar, bola dunia, jungkitan, roda putar dan sebagainya. Begitu juga dengan APE Dalam seperti pasak pukul, puzzle kayu, angklung dan sebagainya.
Selain memproduksi, dirinya juga menerima jasa servis untuk APE.

Dirinya berharap pemerintah lebih memperhatikan usaha-usaha home industri. Setidaknya, jika ada pengadaan APE kepada sekolah, pemerintah lebih mengutamakan untuk berbelanja barang dari produsen lokal Banjarnegara. “Untuk kualitas dan bentuknya produk kita tidak kalah dengan produk dari luar, harganya pun kita berani bersaing,” kata dia (ruhito).

Tentang Penulis

Leave A Response