Caleg Money Politic Sangat Berpotensi Korupsi

Ditulis 16 Apr 2014 - 17:11 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
63
Dalam Tag

PURWOKERTO (BanyumasNews.Com)  – Maraknya money politik yang dilakukan banyak caleg membuat prihatin kalangan akademisi. Ketua Laboratorium Ilmu Politik FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Indaru Setyo Nurprojo,  menyatakan, caleg yang melakukan money politic sangat berpotensi untuk melakukan korupsi saat menjadi wakil rakyat.

Menurutnya, jika proses pencalegan sudah dilakukan dengan tidak baik dan mengedepankan uang, maka caleg tersebut sudah bisa dinilai tingkat moralitasnya. Padahal, jabatan sebagai wakil rakyat sangat membutuhkan moralitas yang baik.

“Politik uang itu sudah jelas melanggar aturan dan caleg yang dengan tanpa beban melanggar aturan, sudah bisa dinilai tingkat moralitasnya. Money politik juga merusak moralitas bangsa,” kata Indaru, Rabu (16/4).

Indaru mengatakan, dari data sementara perolehan suara, banyak caleg yang minim sosialisasi dan minim turun ke bawah, tetapi tiba-tiba mendapatkan suara yang tinggi. Sehingga satu-satunya cara yang mungkin dilakukan untuk mendongkrak suaranya adalah dengan money politik. Sementara rakyat masih bersikap pragmatis, hingga akhirnya tercapai tujuan si caleg. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response