Muslimat NU Gelar Baksos KB

Ditulis 16 Apr 2014 - 16:55 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
78
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Memperingati hari lahir (harlah)organisasi wanita dibawah naungan ormas Nadlatul Ulama (NU) Muslimat NU Kabupaten Purbalingga yang ke – 68, akan menggelar berbagai kegiatan dan lomba.  Rangkaian kegiatan ditujukan untuk kaum perempuan guna mendukung suksesnya program pemerintah dalam dibidang kependudukan serta kesehatan kaum ibu.

“Sebagai kepedulian organisasi kami kepada masyarakat pada harlah kali ini, kaum perempuan masih menjadi perhatian untuk mendapatkan layanan dalam bidang Keluarga Berencana (KB) serta layanan kesehatan lainnya. Kegiatan ini kami fokuskan untuk mendukung program pemerintah dalam bidang kependudukan serta sebagai kepedulian dan kesehatan para ibu,” tutur Khamdiyatun, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Purbalingga, kemarin.

Dikatakan Khamdiyatun, melalui kegiatan tersebut, para ibu diharapkan mendapatkan layanan KB yang optimal, kesehatan reproduksi, khusunya untuk perempuan/ibu agar mengetahui sejak dini tentang kesehatan reproduksi.

“Kami bekerjasama dengan Bidan Praktek Swasta (BPS) yang ada di desa-desa dan sudah melaksanakan pemasangan implant sebanyak 718 kepada para akseptor/pengguna alat KB tersebut.  Sedangkan untuk IUD sudah terpasang sebanyak 38, serta sebagai deteksi mengetahui sejak dini kanker leher rahim, pihaknya pada minggu besok akan melaksanakan pemeriksaan gratis bagi masyarakat di RS Ummu Hani Purbalingga,” katanya.

Selain berbagai kegiatan bakti sosial kepada masyarakat dan perlombaan tersebut, tambah Khamdiyatun, para Muslimat juga kami bekali dengan berbagai ketrampilan yang berkaitan dengan ilmu keagamaan, sebagai bekal pengetahuan tentang keagamaan dalam bermasyarakat.

“Sejumlah 50 orang kader  juga kami beri ketrampilan tata cara pemulasaraan jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, serta menshalati jenaszah, agar mereka  memperoleh pengetahuan tidak hanya dalam bidang-bidang tertentu,”tuturnya.

Kegiatan harlah Muslimat NU juga akan dimeriahkan lomba untuk anak Raudlatul Athfal (RA) diataranya adzan untuk anak putra, serta deklamasi bagi anak putrid, selain itu juga khitanan missal bagi anak kurang mampu pada bulan Desember mendatang.(BNC)

 

Tentang Penulis

Leave A Response