Desa Rakit,Percontohan Tanam Melati Harum

Ditulis 14 Apr 2014 - 19:52 oleh Nanang BNC
MELATI HARUM : Bupati Sutedjo Slamet Utomo melihat persemian bibit untuk ditanam dilahan tidur warga dikecamatan Rakit (ruhito.

MELATI HARUM : Bupati Sutedjo Slamet Utomo
melihat persemian bibit untuk ditanam dilahan tidur warga dikecamatan
Rakit (ruhito.

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com) – Desa Rakit, Kecamatan Rakit ditetapkan sebagai pelopor program memanfaatkan lahan tidur halaman rumah atau melati harum oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Sebagai langkah awal kini telah didirikan rumah percontohan pembibitan berbagai bibit yang akan ditanam warga di pekarangan sekitar rumahnya.

”Dari 13 RT yang ada di Desa Rakit sekarang sudah 4 RT yang mengembangkan melati harum, dalam setahun kedepan saya berharap semua warga Desa Rakit sudah bisa ikut melati harum. Sebagai percontohan kami di RT. 02 RW 01 kami dirikan rumah percontohan yangt dibuat oleh Karang taruna dan Kelompok Wanita Tani Budi Nastiti, dengan harapan menjadi percontohan bagi warga RT lainnya,” ungkap Kepala Desa Rakit,Nurohman, belum lama ini.

Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo mengatakan, program melati harum saat ini gencar disosialisasikan pemkab Banjarnegara agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah untuk ditanami berbagai macam tanaman yang bermanfaat.

”Manfaatkan halaman rumah kita dengan ditanaai berbagai macam tanaman yang bermanfaat, seperti sayur, dan tanaman obat untuk keluarga, melalui program inji kami berharap masyarakat mampu mandiri dalam pangan. Jika sudah mandiri kedepan saya juga berharap melati harus bisa meningkatkan pendapatan yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat,” kata Sutedjo.

Bupati Sutedjo juga mendukung upaya dari karang taruna dalam rangka kampanye organik, menurutnya sudah saatnya saat ini semua petani memilih dan kembali beralih ke organik (ruhito).

Tentang Penulis

Leave A Response