Tak Diurus Orang Tua, Empat Bocah Putus Sekolah

Ditulis 13 Apr 2014 - 18:55 oleh Nanang BNC
IBU PULANGLAH: Lima anak Darsikin berharap Wasitah, istrinya segera pulang

IBU PULANGLAH: Lima anak Darsikin berharap Wasitah, istrinya segera pulang

BANYUMAS (BanyumasNews.Com) – Penyebab ke empat bocah yang tidak sekolah, warga Desa Karangklesem Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jateng akhirnya terungkap. Mereka tidak mau sekolah, sejak kedua orang tuanya berpisah.

Lena (14) salah satu anak pasangan Darsikin dan Wasitah itu mengatakan, malu karena selalu diejek saat sekolah. ” Sejak ibu saya tidak mengurusi kami, saya dan adik adik males sekolah. Teman-teman di sekolah juga sering mengejek, jadi saya malu,” ujar Lena lugu.

Lena sebagai anak nomor dua yang bertanggung jawab terhadap adik-adiknya kemudian keluar sekolah sejak kelas lima. Disusul kemudian adik adik dan kakaknya.

Lena sendiri kini menggantikan peran ibunya mengurus rumah dan anak anak. Sementara kakak dan bapaknya bekerja di kandang ayam.

Sedang menurut Darsikin, sejak istrinya pergi, anak-anak mulai tidak teratur. ” Mereka mulai gak mau masuk sekolah. Saya sudah memaksa mereka, tetapi kenyataanya tetap gak mau pak. Saya jadi gak enak sama pak guru yang sudah sangat perduli dengan kami. Membiayai anak-anak kami sekolah gratis dan kemudahan lainya. Tapi ya itu pak, bocah pada angel, ” ujar Darsikin seperti pasrah.

Sementara itu Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, yang diwakili Kepala UPK Kecamatan Pekuncen, Tohirin, Minggu (13/04) sore menemui keluarga Darsikin.

Dinas akan mencoba memberikan motivasi kepada mereka untuk bisa kembali mau sekolah.

Diharapkan persoalan rumah tangga mereka kembali normal, sehingga anak anak tidak terlantar. Dengan cara seperti itu, anak-anak akan kembali memiliki semangat bersekolah.

Di saat yang sama sejumlah wartawan Banyumas memberikan bantuan uang dan pakaian kepada keluarga Darsikin. Bantuan serupa juga datang dari sejumlah dermawan yang terdorong untuk membantu setelah membaca berita di surat kabar dan televisi.

Tentang Penulis

Leave A Response