Orang Tua Berperan Tumbuhkan Minat Baca Anak

Ditulis 13 Apr 2014 - 10:31 oleh Yit BNC

perpustakaan purbalinggaPURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  –  Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam upaya menumbuhkan minat baca pada anak. Bukan hanya sekedar memerintahkan anak untuk banyak belajar dan membaca, namun perlu aksi nyata dari para orang tua agar anak-anak Purbalingga tumbuh cerdas dengan banyak membaca buku.

“Bila orang tua punya uang belilah buku untuk bacaan di rumah. Kalau anak berprestasi sesuatu, berilah hadiah buku jangan hadiah mainan yang justru akan menyita waktu belajar mereka,” ungkap Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Purbalingga Sidik Pramono, saat membuka lomba mewarnai bagi anak-anak PAUD se wilayah kecamatan Purbalingga di pelataran perpustakaan daerah setempat, Sabtu (12/4).

Menurut Sidik, gerakan peningkatan minat baca merupakan unsur penting yang perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Minat baca tidak bisa muncul tiba-tiba tetapi harus dipupuk sejak dini. Peningkatan minat baca ini, dapat dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Dari keluarga inilah diharapkan para orang tua mulai menanamkan kecintaan anak-anaknya untuk mencintai bacaan.

“Misalnya dilakukan dengan membacakan buku cerita pada anak menjelang tidur. Bila dilakukan terus menerus lambat laun akan menggugah anak untuk membaca sendiri.  Bila kebiasaan membaca sudah tertanam, maka kebutuhan akan bahan bacaan meningkat. Barulah peran perpustakaan dibutuhkan,” katanya.

Upaya meningkatkan minat baca, dilakukan KPAD Purbalingga dengan berbagai cara. Diantaranya melalui kegiatan gerakan cinta perpustakaan yang diadakan dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional 2014. “Gerakan cinta perpustakaan diawali dengan lomba mewarnai yang diikuti 250 anak PAUD. Juga kegiatan lainnya yang akan dirangkai hingga awal Mei lusa,” jelasnya.

Sidik merinci, selain lomba mewarnai, juga akan diadakan lomba melukis bagi siswa SD pada 17 April 2014. Sebelumnya, pada 15 April diselenggarakan lomba mengarang bagi siswa SLTA dan 16 April lomba synopsis bagi siswa SLTP.

“Rencana tepat hari pendidikan nasional, kita akan melaunching perpustakaan yang baru oleh Bupati. Dilancutkan kegiatan Pameran Buku yang akan berlangsung 2 – 8 April. Tempatnya di KPAD,” tambahnya. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response