Kalianget Banjarnegara, Wisata Pengobatan Alternatif

Ditulis 12 Apr 2014 - 20:51 oleh Nanang BNC
KALIANGET : Sarana dan prasaran pemandian Kalianget terus dibenahi (ruhito)

KALIANGET : Sarana dan prasaran pemandian Kalianget terus dibenahi (ruhito)

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com) – Obyek wisata pemandian Kalianget merupakan tempat wisata unggulan Kecamatan Kalibening, Banjarnegara kini semakin ramai dikunjungi orang. Selain bisa menghilangkan stres, pemandian yang terletak di kawasan hutan wilayah resot pangkuan hutan (RPH) Kalibening tersebut dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Tak heran jika pengunjung pemandian Kalianget bukan hanya dari Banjarnegara saja, warga dari Pekalongan dan Wonosobo juga banyak yang datang, terutama saat hari libur maupun pada hari-hari yang dianggap keramat. Selain menyegarkan badan, mereka percaya kalau pemandian Kalianget bisa dijadikan pengobatan alternatif. Air panas Kalianget dapat menyebuhkan penyakit kulit dan theraphy.

Haris, warga Kabupaten Pekalongan mengatakan, sepekan sekali mengantarkan ibunya yang mengalami gejala struk. ”Saya mengantar ibu sudah 4 kali, dan nyatanya setiap habis mandi air hangat ibu sedikit-demi sedikit bisa normal lagi. Dan saya juga bisa ikut terapi agar tidak terkena penyakit kulit,” kata dia, Jum’at (11/4).

Air Kalianget juga dapat mengendurkan otot-otot. Menurut Gatot, warga setempat, masyarakat Kalibening sering memanfaatkan khasiat air tersebut. ”Sehabis bermain sepak bola, mereka selalu mandi disini. Karena dengan mandi air hangat akan menghilangkan rasa capek serta mengobati pegal-pegal,” ujar dia.

Kepala Desa Kalibening, Kodim mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan sarana dan prasaran secara bertahap. Sarana yang diperbaiki diantaranya kios dan tempat parkir. Hal ini mengingat lokasi obyek ini sangat strategis karena berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Kalibening dengan Banjarnegara. Apalagi,kondisi alam sekitarnya yang berhawa sejuk masih terlihat hijau (ruhito)

 

Tentang Penulis

Leave A Response