Pramuka Masih Ideal Sebagai Lembaga Pembinaan Generasi Muda

Raker Kwarcab di Bumi Perkemahan Munjuluhur Purbalingga (foto:tgr/BNC)
Raker Kwarcab di Bumi Perkemahan Munjuluhur Purbalingga (foto:tgr/BNC)
Ketua Kwarcab Purbalingga Drs H Subeno, MM, saat memberikan sambutan (foto:tgr/BNC)
Ketua Kwarcab Purbalingga Drs H Subeno, MM, saat memberikan sambutan (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA – Gerakan Pramuka sampai saat ini masih menjadi sarana ideal untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda. Tata nilai kepramukaan yang baik harus ditanamkan dari sejak dini kepda generasi muda. “Jika tetap berpegang pada ajaran agama, pramuka, dan Pancasila maka sikap seseorang akan terkendali,” kata Ketua Kwarcab Purbalingga Drs H Subeno, MM.

Subeno yang juga Sekda Purbalingga mengemukakan hal tersebut ketika membuka Rapat Kerja Kwartir cabang yang berlangsung di bumi perkemahan Munjuluhur, Bojongsari, Kamis (7/1).  Raker diikuti utusan kwartir ranting, andalan cabang Kwarcab, pimpinan satuan karya (Saka), dan unsure Mabicab.

Dikatakan Subeno, jika sikap seseorang terkendali, maka akan dijauhkan dari sikap saling bermusuhan antar sesama. Pramuka itu tidak perlu udrek (ribut), semua persoalan bisa diatasi dengan cara baik-baik dan bermusyawarah. ”Jangan sampai pramuka seperti terlihat diadegan televisi yang mempertontonkan para anggota dewan saling ribut,” kata Subeno.

Subeno juga meminta kepada para pembina pramuka untuk memberikan teladan yang baik kepada generasi muda. ”Terus berikan keteladanan kepada generasi muda, tanamkan mental, perilaku yang pramukais yang memiliki nilai-nilai sangat baik,” pinta Subeno.

Dalam kaitan dengan penyusunan program kerja Kwarcab 2010, Subeno meminta agar  program kerja diutamakan dulu yang menjadi kegiatan wajib. Hal ini karena didasarkan pada kemampuan bantuan keuangan dari APBD pada tahun 2010 yang menurun dibandingkan dengan APBD 2009. Setelah program wajib dijalankan, lanjut Subeno, jika dukungan dana dan sarana lain memungkinkan, baru dilaksanakan kegiatan penting dilaksanakan, dan kemudian prioritas selanjutnya kegiatan-kegiatan yang inovatif

”Kegiatan-kegiatan yang dijalankan hendaknya mampu meningkatkan peran partisipatif dari segenap anggota pramuka, sehingga peran pramuka di masyarakat akan semakin meningkat,” kata Subeno.

Dibagian lain, Subeno meminta seluruh jajaran pramuka di Purbalingga untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 18 April 2010 mendatang. ”Anggota pramuka silahkan memilih calon bupati dan wakil bupati dengan cerdas, dan melihat kepentingan yang lebih luas. Silahkan dicari sendiri kelebihan dari seorang calon yang akan dipilihnya,” pinta Subeno.

Sementara itu Ketua Panitia Raker, Iskak, S.Pd, M.Pd mengatakan, raker bertujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program pada tahun 2009, dan sekaligus menyusun program kerja tahun 2010. ”Raker ini juga untuk memotivasi kembali kepada para anggota gerakan pramuka di seluruh tingkatan,” kata Iskak (banyumasnews.com/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.