Pengambilan Soal UN SMA/SMK/MA 2014 Dikawal Polisi

Ditulis 12 Apr 2014 - 15:36 oleh Yit BNC

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  –  Dengan dikawal pihak kepolisian, Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga mengambil soal-soal Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA  di Semarang, Jumat (11/4). Diperkirakan soal-soal itu telah sampai di rayon yang berpusat di kantor Dindik Purbalingga, Sabtu pagi (12/4) sekitar pukul 06.30 WIB.

“Setelah itu selama dua hari di rayon, soal-soal akan kami klasifikasi untuk didistribusikan hari Minggu ke sub-sub rayon agar paling lambat Minggu malam sudah sampai ke sekolah-sekolah penyelenggara UN,” ujar Sekretaris Dindik Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti.

Menurut Jiah, ada empat sub rayon yang akan menerima distribusi soal-soal ini. Empat sub rayon ini terdiri dari satu sub rayon untuk SMK dan tiga sub rayon untuk SMA/MA. Sub Rayon untuk SMK dipusatkan di SMK N1 Purbalingga. Sementara sub rayon SMA/MA ada tiga lokasi yaitu SMA N 1 Purbalingga, SMA N 1 Bukateja dan SMA N 1 Bobotsari.

“Untuk Kejar Paket C sub rayonnya di Dinas Pendidikan sementara pelaksanaannya ada di tiga tempat, yaitu di SMK Muhammadiyah, SD N 1 Bojong Mrebet, dan MTs Muhammadiyah Kejobong,” jelasnya.

Selama proses klasifikasi, hingga pendistribusian ke sub rayon dan sekolah-sekolah, kata Jiah, pihak kepolisian selalu mengawal. Tak hanya itu, semua tempat soal sudah digembok dan disertai perekat, sehingga Jiah sangat yakin sedikit sekali peluang kebocoran.

“Kemarin sudah ada telekonferensi antara Menteri Pendidikan dan Kapolri bahwa telah ada MoU diantara mereka untuk mensterilkan UN dari segala kecurangan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, para siswa kelas XII SMA/SMK/MA akan menempuh Ujian Nasional (UN) Tahun 2014 selama tiga hari, dari Senin (14/4) hingga Rabu (16/4). Hal yang sama juga dihadapi para siswa SMA Terbuka dan Kejar Paket C. Untuk UN bagi siswa SMA Terbuka dilaksanakan pagi bersama mereka yang regular, dengan lokasi di sekolah induk dengan ruangan yang berbeda.

“Kalau untuk Kejar Paket C pelaksanaannya siang, biasanya jam 13.00, tapi waktu lebih fleksibel karena peserta didik Kejar Paket C biasanya masih disibukkan dengan pekerjaan,” katanya.(BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response