Dindikpora Banjarnegara Tandatangani Pakta Pendidikan

Ditulis 10 Apr 2014 - 23:41 oleh Nanang BNC
PAKTA : Salah seorang Pengawas Sekolah tengah menandatangani Pakta Peningkatan Pendidikan (foto ruhito).

PAKTA : Salah seorang Pengawas Sekolah tengah
menandatangani Pakta Peningkatan Pendidikan (foto ruhito).

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com) – Jajaran Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara berkomitmen meningkatkan nilai rata-rata UN SD/MI. Sebagai keseriusan tekad tersebut, Kamis (10/4) 40 Kepala UPT Dindikpora dan Pengawas Sekolah sekabupaten menandatangani Komitmen Peningkatan Mutu Pendidikan pada selembar kain putih di Aula lantai 3 kantor Dindikpora bersama wakilbupati Hadi Supeno.

Wakil Hadi Supeno berharap, dengan penandatanganan Komitmen ini dapat menjadi pemicu bagi kepala UPT dan Pengawas Sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan SD/MI dengan memenuhi target nilai rata-rata. Target rata-rata nilai Ujian Nasional SD/MI 7.00, sedangkan rata-rata nilaiUN SD/MI tahun 2013 6.29.

Namun untuk memenuhi target tersebut, lanjutnya, sekolah tidak bisa dilepas begitu saja. Harus ada intervensi tindakan dari Dindikpora melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dindikpora yang ada di tiapkecamatan.

”Ada sejumlah saran untuk UPT, pertama bentuk Tim Mutu, lakukan kontrak sosial dengan semua Kepala Sekolah, kumpulkan semua guru kelas 6, libatkan semua MI, dan laksanakan Jam besi masyarakat. Intinya jauhkan anak dari Televisi karena pengaruhnya yang lebih menarik daripada buku,” katanya.

Kepala Dindikpora, Muhdi mengatakan, upaya ini dilakukan untuk memperbaiki eksistensi Banjarnegara di tingkat provinsi. Diharapkan, ada korelasi signifikan langkah ini dengan hasil UN SD/MI yang akan dilaksanakan Mei mendatang.

”Kita berupaya melakukan peningkatan prestasi di semua jenjang. Atau paling tidak mempertahankan prestasi SLTA yang sudah lumayan bagus. Khusus untuk SD/MI memang kita harus memacunya. Sedangkan untuk tingkat SLTP kita upayakan bisa masuk peringkat belasan. Paling tidak kita masuk di peringkat 20-an lebih bagus dari peringkat 28 tahun kemarin,” katanya (ruhito).

Tentang Penulis

Leave A Response