Dirintis Pembentukan Badan Promosi Wisata

Ditulis 08 Apr 2014 - 22:43 oleh Nanang BNC

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Banjarnegara merintis pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) untuk lebih mengenalkan potensi wisata di Banjarnegara. Sebagai tahap awal sudah rapat pembahasan pada awal Maret kemarin, dan akan dilakukan studi banding ke daerah yang sudah memiliki BPPD.

RAMBUT GEMBEL: Salah seorang anak berambut  gimbal/gembel menjadi perhatian pengunjung di obyek wisata kawasan candi Arjuna, Banjarnegara (foto ruhito)/

RAMBUT GEMBEL: Salah seorang anak berambut gimbal/gembel menjadi perhatian pengunjung di obyek wisata kawasan candi Arjuna, Banjarnegara (foto ruhito)/

”Pembentukan badan promosi pariwisata dimaksudkan sebagai mitra untuk menggencarkan seluruh promosi potensi wisata di Banjarnegara,” ungkap Kepala Dinbudpar Banjarnegara, Aziz Achmad, Senin (7/4).

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Usaha pada Dinbudpar Banjarnegara,Giri Praptono kepada wartawan mengatakan, badan promosi pariwisata sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk mengembangkan dunia pariwisata di Banjarnegara. Hal itu juga diatur dalam peraturan perundangan tentang pariwisata. Di sejumlah kabupaten/kota di Jateng telah ada yang membentuk dan berjalan baik. Antara lain di Kabupaten Pemalang, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

”Adanya jejaring dalam bidang pariwisata sangat penting dan memberi manfaat untuk kemajuan bidang wisata. Sebab, potensi akan semakin dikenal dan dipromosikan secara tepat dan luas. Tugas BPPD itu sendiri meningkatkan citra kepariwisataan Indonesia, serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang tentunya akan diikuti dengan peningkatan penerimaan devisa serta meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan pembelanjaan,” kata dia.

Selain itu, pembentukan BPPD juga untuk menggalang pendanaan selain APBN dan APBD sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, serta melakukan riset dalam rangka pengembangan usaha dan bisnis pariwisata. Pihaknya berharap agar unsur penentu dan unsur pelaksana BPPD bisa

segera terbentuk sehingga dapat segera melaksanakan fungsi promosi potensi wisata Banjarnegara. Apalagi, Banjarnegara sudah dilirik banyak biro wisata sebagai daerah tujuan wisata (ruhito).

 

Tentang Penulis

Leave A Response