PKL Depan SMA Muhammadiyah Disoal

Ditulis 08 Apr 2014 - 18:44 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
72
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Merasa kewalahan dengan tumpukan sampah dan bau tak sedap yang ditinggalkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Depan Kompleks Perguruan Muhammadiyah Selatan Alun-alun, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Wachyudiana menyurati Bupati Sukento Rido Marhaendrianto. Dalam Surat Nomor 024/III.0/A2014 tanggal 21 Maret 2014, pihaknya meminta agar Bupati memerintahkan jajarannya menertibkan PKL itu.

 

“Tiap hari, saat anak-anak masuk sekolah, tumpukan sampah itu masih menggunung. Baunya itu lho, apalagi sedang musim duren ini. Tiap pagi terpaksa kami menyiram karbol agar baunya cepat hilang, tapi besoknya masih seperti itu,” keluhnya, Selasa (7/4).

 

Wachyudiana mengaku pernah mengungkapkan uneg-unegnya langsung kepada Bupati, saat pertemuan PD Aisyiyah beberapa waktu lalu di Pendopo Dipokusumo. Menurutnya, saat itu Bupati Sukento menyatakan sependapat dan memang sedang mencari solusi terbaik agar PKL ini tidak mengganggu tapi juga tetap bisa berjualan.

 

“Saya sempat ngobrol dengan Kepala SMP Negeri 1 Purbalingga, Pak Hartoko, ternyata beliau juga mengeluhkan yang sama. Lalu kami berembug, dan solusi kami bagaimana kalau mereka dipindahkan saja ke timur SMP Negeri 1 Purbalingga itu, sementara parkirnya di depan kompleks pertokoan Muhammadiyah,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Rusmo Purnomo mengatakan Bupati langsung menanggapi surat Ketua PD Muhammadiyah itu dengan memberikan disposisi kepada Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan (Ekbangkesra) Sekda Purbalingga Susilo Utomo. Segera setelah disposisi itu turun, Asisten Ekbangkesra mengirimkan surat kepada delapan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk merapatkannya, Sabtu (12/4).

 

“Dalam rapat itu, nanti akan dibahas usulan dari Ketua PD Muhammadiyah. Dan menggali tanggapan dan kajian dari para kepala SKPD terkait,” jelasnya. Kedelapan SKPD itu antara lain Dinperindagkop, DPPKAD, DPU, Satpol PP, Bagian Hukum dan HAM, Bagian Humas, Bagian Perekonomian dan Camat Purbalingga.

 

Rusmo mengatakan, Bupati berpesan agar penanganan PKL ini benar-benar dicari jalan keluar terbaik. Jangan sampai menghambat bergeliatnya perekonomian rakyat, namun juga tetap memperhatian aspek kebersihan, keindahan dan kesehatan.

 

“Apalagi Pak Bupati sangat memperhatikan UMKM, salah satunya dnegan Program Bupati Jualan itu. Tapi aspek lingkungan juga tetap harus diperhatikan. Semoga ini tidak lagi menjadi dilema,” harapnya. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response