Banjarnegara Kembangkan Lobster Air Tawar

Ditulis 06 Apr 2014 - 22:05 oleh Nanang BNC
LOBSTER : Lobster air tawar hasil budidaya petani Banjarnegara cukup bagus dan diminati pasar luar daerah (foto : ruhito).

LOBSTER : Lobster air tawar hasil budidaya
petani Banjarnegara cukup bagus dan diminati pasar luar daerah (foto : ruhito).

BANJARNEGARA  (BanyumasNews.Com)  – Tiga kecamatan yang selama ini dikenal sebagai sentra budidaya perikanan Banjarnegara mulai mencoba mengembangkan lobster air tawar. Saat ini, ketiga kecamatan yang sudah mulai mengembangkan ikan yang bernama latin Freshwater Crayfish adalah Bawang, Purwonegoro dan Rakit.

Bila melihat potensi yang dimiliki Banjarnegara tersebut, pengembangan lobster masih terbilang kecil. Padahal usaha semacam ini secara ekonomis menjanjikan. Begitu pun dengan pemeliharaan yang cukup mudah.

Data yang dimiliki Bidang Perikanan pada Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Dintankanak) Banjarnegara, luas lahan di ketiga kecamatan itu sedikitnya mencapai 600 hektare lebih. Usaha berupa pembibitan dan pembesaran, dengan kapasitas produksi lobster air tawar ini diperkirakan sebanyak dua ton tiap tahunnya.

Kegiatan pembibitan ini lebih mengarah kepada produksi bibit yang nantinya akan dijual untuk pembesaran. Adapun usaha pembesaran lebih ditujukan kepada usaha pembesaran bibit-bibit lobster air tawar hingga pada ukuran yang siap untuk dikonsumsi.

Kepala Bidang Perikanan pada Dintankanak Banjarnegara, Sabtu (5/4)Totok Setyo Winarno mengatakan, peluang mengembangkan budidaya lobster air tawar di Banjarnegara terbuka lebar. Pasar lobster masih sangat luas karena permintaan yang tinggi. ”Untuk itu kami selalu mendorong kepada para petani lobster agar usaha membudidayaannya berkembang,” ungkap dia.

Upaya yang dilakukan, lanjut dia, salah satunya adalah melalui pola pembinaan kepada petani dan pemberian bantuan modal usaha guna keberlangsungan budidaya lobster air tawar.

Soedono, salah satu pelopor usaha budidaya lobster air tawar asal Desa dan Kecamatan Purwonegoro mengungkapkan, budidaya lobster air tawar ini relatif cukup mudah asalkan mempunyai keinginan untuk berusaha dan belajar yang kuat. Pemeliharaan lobster ini yang perlu diperhatikan adalah masalah kualitas air dan indukan.

Kriteria indukan yang berkualitas baik yakni berpenampilan sehat, besar, berwarna cerah serta mempunyai organ tubuh lengkap. Indukan yang berkualitas ini akan memberikan hasil maksimal, baik jika dilihat dari jumlah burayak ataupun pertumbuhan burayak yang lebih cepat.

Sedangkan untuk kualitas air yang harus dipenuhi yaitu air yang terjaga kebersihannya. Selain air juga perlu diperhatikan ketersediaan oksigen (ruhito).

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. anto 13/04/2014 pukul 15:34 -

    Wahhh bagus nihhhh
    Lokasinya dimana ya tepatnya?

Leave A Response