Komplotan Curanmor Lintas Provinsi Dibekuk

Ditulis 06 Apr 2014 - 18:55 oleh Yit BNC

barang bukti dan tersangka pelaku curanmorPEMALANG (BanyumasNews.Com) – Komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) berhasil dibekuk Tim Buser Satreskrim Polres Pemalang (Jateng). Komplotan itu sedikitnya sudah beraksi 15 kali di wilayah hukum Pemalang. Mobil-mobil hasil curian yang sebagian berjenis MPV dijual ke luar kota bahkan luar Pulau.

Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo SIK mengungkapkan, Polres Pemalang sebelumnya membentuk tim yang beranggotakan 12 orang untuk mengungkap kasus curanmor. Hasilnya 5 pelaku pencurian mobil yang dikenal dengan kelompok Indramayu berhasil digulung, dimana 1 orang merupakan warga Pemalang sebagai penunjuk jalan.

“Para pelaku berangkat dari daerahnya jam 21.00, kemudian berkeliling dengan sasaran mobil di garasi yang berada di perumahan. Mereka membagi tugas ada yang memantau keadaan dan ada yang masuk,”jelas Dedi Wiratmo, Sabtu (5/4/2014).

Para pelaku membekali diri dengan gunting besi untuk memotong kunci garasi. Setelah mendapat kode keadaan aman mereka masuk ke dalam garasi dan melumpuhkan alarm mobil dengan memotong kabel melalui kolong, kemudian masuk kendaraan dan mendorongnya keluar garasi. Mereka telah beraksi 15 kali antara lain di Belik, Jatirejo,Jalan Bromo, BTN Pepabri dan lainnya.

Dijelaskan kapolres, kelima tersangka yang berhasil diamankan adalah Fauzan warga Belik, Adi Jumadi, Kamsari, Hasan Basri dan M Ilyas keempatnya warga Indramayu. Selain itu ada 4 tersangka lain yang masih dalam pengejaran. Barang bukti yang berhasil antara lain kunci letter C, Obeng dan 3 unit mobil sementara kendaraan lainnya masih dalam pencarian.

Kamsari salah satu tersangka yang bertugas mengantarkan mobil hasil pencurian dari Pemalang ke Indramayu, mengaku mendapatkan imbalan antara Rp 2-4 setiap kali pengantaran.

Selain berhasil mengungkap kasus pencurian mobil, dalam waktu bersamaan petugas juga mengamankan 2 pelaku pencurian sepeda motor atas nama Dwi Ifniyanto warga Desa Blimbing Wuluh Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan dan Amat Musa (38) warga Kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Dari kasus ini berhasil diamankan 10 unit sepeda motor dari berbagai jenis dan merk yang mereka curi dari wilayah Ampelgading, Bodeh, Comal dan Ulujami. Untuk itu masyarakat di 4 wilayah yang pernah kehilangan sepeda motor dipersilahkan untuk mengecek di Mapolres Pemalang dengan membawa dokumen yang sah berupa STNK dan BPKB. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response