Parkiran Kawah Sikidang Dieng Akan Dilebarkan

Ditulis 05 Apr 2014 - 23:02 oleh Nanang BNC

Parkiran Sikidang Akan Dilebarkan

CANDI  : Beberapa anak tengah bermain di lokasi Candi Arjuna Dieng (foto ruhito)

CANDI : Beberapa anak tengah bermain di lokasi Candi Arjuna Dieng
(foto ruhito)

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com) – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara merencanakan akan melebarkan lokasi parkir kendaraan pengunjung obyek wisata Kawah Sikidang, Dieng. Pasalnya, lokasi tersebut seringkali menjadi pusat kemacetan ketika liburan.

”Pada setiap liburan kemacetan menjadi pemandangan biasa di Dataran Tinggi Dieng. Kemacetan biasanya terjadi di lokasi wisata komplek Candi Bima, dan Kawah Sikidang dan Musium Kaliasa. Untuk mengatisipasi hal tersebut pihaknya akan melakukan pelebaran lokasi parkir di lokasi wisata Kawah Sikidang yang menjadi pusat kemacetan saat liburan,”ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Banjarnegara, Aziz Ahmad kepada wartawan kemarin.

Kepala UPT Dieng, Ibnu Hasan mengatakan, angka kunjungan wisata di Lokasi wisata Dataran Tinggi Dieng meningkat pada liburan nyepi tanggal 30 dan 31 Maret kemarin. Tercatat 6.000 pengunjung dari berbagai daerah datang ke lokasi wisata yang memiliki ketinggian diatas 1.500 meter diatas pemukaan laut tersebut.

”Wisatawan sudah mulai terlihat sejak hari Sabtu datang ke beberapa lokasi wisata Dieng, pada hari minggu mencapai puncaknya karena hari senin merupakan hari libur. Tercatat ratusan kendaraan berpelat nomor Jogja, Semarang, Bandung, Jakarta, Surabaya dan Bali terlihat di sepanjang jalan menuju ke Dataran Tinggi Dieng, hingga terjadi kemacetan menuju lokasi wisata,” kataIbnu Hasan.

Ibnu menambahkan pada hari hari biasa Dieng bisanya hanya dikunjungi wisatawan tidak lebih dari 300 pengunjung, sedangkan pada hari minggu meningkat mendekati angka 500 pengunjung. ”Saat liburan panjang kunjungan wisata juga mengalami kenaikan, biasanya mendekati angka 6.000 pengunjung sementara jika lebaran mencapai 5000 wisatawan. Pada hari natal dan tahun baru kunjungan wisatawan juga mengalami kenaikan dari hari biasanya,” katanya.

Hotel dan home stay yang berada di sekitar lokasi wisata Dieng penuh saat hari libur nyepi kemarin, akibat membludaknya angka wisatawan rumah-rumah warga akhirnya juga di sulap menjadi tempat penginapan.

”Jumlah penginapan memang belum sebanding dengan kunjungan wisatawan terutama pada masa liburan,sehingga rumah warga menjadi tempat yang ideal buat wisatawan. Karena sudah terbiasa, wargapun melayani wisatawan yang menginap layaknya home stay,” kata Ibnu.

Lebih lanjut Ibnu mengatakan pada tahun 2014 ini pemkab menargetkan pendapatan dari UPT Dieng sebesar Rp. 1.295.000.000 dan hingga bulan Maret ini sudah 32,69 persen terealisasi. ”Melihat kunjungan wisatawan terutama saat liburan saya optimis target yang di bebankan tercapai, pada tahun 2013 lalu pemkab menargetkan Rp. 1.195.000.000 dan terealisasi 155 persen,” tegas dia (ruhito)

Tentang Penulis

Leave A Response