Petani Banyumas Resah, Ratusan HA Padi Diserang Keong Emas

Ditulis 06 Jan 2010 - 11:50 oleh Banyumas1
Patani menunjukan hama Keong Emas yang menyerang padi mereka (foto:mut/BNC)

Patani menunjukan hama Keong Emas yang menyerang padi mereka (foto:mut/BNC)

Keong Emas, hama perusak batang dan akar padi (foto:mut/BNC)

Keong Emas, hama perusak batang dan akar padi (foto:mut/BNC)

BANYUMAS-Petani padi di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah kini dilanda resah, menyusul merebaknya hama Keong Emas yang menyerang tanaman mereka. Hingga kini hama perusak batang padi itu sudah menyerang ratusan hektar sawah.

Petani setiap hari harus memunguti hama berupa keong emas yang menempel di batang padi. Binatang perusak tanaman itu benar benar membuat padi menjadi layu dan menguning.

Hama Keong Emas ini menyerang tanaman tersebut sejak dua pekan terakhir. Petani sudah berupaya melakukan pembasmian, namun hasilnya tidak maksimal. akibatnya terdapat ratusan hektar tanaman padi yang tersebar di sejumlah kecamatan di Banyumas ini terancam gagal panen.

Sejumlah areal sawah yang diserang hama ini antara lain di Kecamatan Ajibarang, Jatilawang, Gumelar, Sumpiuh dan Tambak. Hama yang menyerang akar dan batang padi ini juga mudah dan cepat sekali berkembang.

Sobar (39), salah seorang petani di Desa Kracak Kecamatan Ajibarang Banyumas menuturkan, para petani terpaksa melakukan pembasmian hama ini secara manual dengan cara mengambil satu persatu. Mereka sudah pernah menggunakan pestisida, namun tidak berpengaruh terhadap hama yang satu ini.

“Sudah pernah disemprot, tapi hama itu tetap bandel dan muncul lagi, sampai ratusan jumlahnya,” ujar Sobar.

Akibat serangan hama Keong Emas, tidak sedikit petani yang terpaksa harus melakukan tanam ulang. petani kini hanya bisa pasrah dan berharap pemerintah bisa membantu mengatasi masalah tersebut (banyumasnews.com/mut)

Tentang Penulis

Leave A Response