Pemilu Capres ala Siswa SD Al-Irsyad Purwokerto

Ditulis 03 Apr 2014 - 20:04 oleh Nanang BNC
CAPRES SD: Pemilu ala SD saat para Capres melakukan kampanye (foto:nan)

CAPRES SD: Pemilu ala SD saat para Capres melakukan kampanye (foto:nan)

DEMAM pemilihan umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada sembilan April nanti tampaknya tidak hanya dikhususkan bagi orang dewasa di Indonesia. Di Purwokerto, demam pemilu menarik antusias siswa SD Al Irsyad 2 Purwokerto yang menggelar simulasi pemilu.

Simulasi di SD ini digambarkan dengan adanya kampanye yang diidentikkan dengan gelaran pemilihan Presiden. Sekitar 889 siswa sekolah tersebut sudah berkumpul di halaman sekolah yang berada di jalan Jatiwinangun Purwokerto.

Mereka meneriakkan yel-yel untuk mendukung pasangan calon Presiden yang mewakili tiap kelas. Seperti layaknya pemilu sesungguhnya, mereka mengikuti acara kampanye yang dikemas menurut versi anak-anak. Setiap pasangan menampilkan kebolehannya dan berusaha meyakinkan teman-temannya untuk memilih mereka.

Setiap calon didampingi guru kelas tampil di atas panggung pemilihan Presiden umat. Para calon berdandan ala calon Presiden yang akan dipilih dalam panggung politik tersebut.

“ Siswa yang dipilih menjadi calon Presiden memang sengaja berdandan seperti calon Presiden. Mereka juga harus menunjukkan kreativitasnya untuk menarik perhatian teman-teman agar memilihnya,” ujar Toto Yulianto, Kepala SD Al Irsyad 2 Purwokerto.

Menurutnya,simulasi dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan politik sejak dini. para siswa, mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari pawai peserta pemilu, orasi calon Presiden hingga mereka memilih di bilik suara.

 

Tentang Penulis

Leave A Response