Nikmatnya Mie Ayam Bayem Ngapak

Ditulis 01 Apr 2014 - 19:59 oleh Nanang BNC

??????MIE untuk makanan mie ayam biasanya berwarna kuning, namun di Ajibaraang Banyumas Jawa -Tengah, mie ini berwarnaa hijau karena terbuat dari campuran daun bayam. Selain rasanya kenyal, mie ayam bayem mengandung zat besi dan mampu meningkatkan stamina. Warung yang menyediakan mie jenis ini dan sangat populer bernama mie ayam ngapak. karena tak hanya mienya yang enak, tetapi penggunaan bahasa di warung ini juga dengan bahasa Banyumas ngapak, yaitu bahasa khas Banyumas.

Warung mie ayam ngapak milik Nur Hariman yang berada di Jalan Raya Pasar Hewan Kota Ajibarang Banyumas. selintas memang seperti warung mie ayam pada umumnya. Namun saat berada di warung ini, yang kita lihat bahan bakunya hanyalah mie berwarna hijau.

Beda dengan warung lainnya, di warung ini semua bahan dibuat sendiri. mie misalnya, sang pemilik membuatnya sendiri mulai dari bahan berupa daun Bayem, terigu dan telur. bumbu merica dari hasil tanaman sendiri yang kemudian dihaluskan.

Cara memasaknya sama, namun rasa mie ayam bayem jelas beda. rasa yang paling menonjol adalah kekenyalan mie tersebut. dengan mie ayam bayem, cukup satu mangkuk saja perut terasa kenyang. selain itu, rasa pedas merica membuat makin terasa nikmat.” Untuk satu porsi mie ayam bayam cukup mengeluarkan kocek tujuh ribu rupiah,” ujar Inu, panggilan Nur Rahiman.

Pemilik warung, Nur Hariman juga menyarankan kepada penikmat yang yang masuk di warung tersebut untuk menggunakan bahasa Banyumas ngapak. hal tersebut dimaksudkan agar tetap melestarikan bahasa khas daerah ini.

 

Tentang Penulis

Leave A Response