Liga Spanyol: Gol Penalti Messi Kalahkan Espanyol

Ditulis 30 Mar 2014 - 03:23 oleh Eko Nurhuda
|
Lionel Messi

Penalti Lionel Messi tentukan kemenangan Barcelona dalam derbi Catalan melawan Espanyol.

BARCELONA (BanyumasNews.com) – Derbi Catalan antara Espanyol dan Barcelona berjalan sangat ketat. Bertanding di Estadi Cornellà-El Prat, Sabtu (29/3) malam WIB, tuan rumah Espanyol sukses membuat kerepotan Barcelona yang sangat berhasrat naik ke puncak klasemen. Hanya gol penalti Lionel Messi yang membuat perbedaan.

Dengan dua rival Real Madrid dan Atletico Madrid bertanding sehari usai jadwal Barcelona, tim arahan Gerardo Martino dipastikan naik ke posisi satu klasemen sementara La Liga jika memenangkan pertandingan melawan Espanyol. Sialnya, meski berperingkat jauh di bawah Barca, Espanyol bukan lawan yang mudah ditaklukkan.

Bertindak sebagai tim tamu, Barcelona sangat dominan. Mereka menguasai 72% ball possession, melepas 20 tembakan dengan delapan buah di antaranya tepat sasaran. Espanyol beruntung memiliki Casilla Cortés di bawah mistar gawang. Kegesitan Casilla-lah yang membuat barisan penyerang Barca mati kutu.

Di lain pihak, Espanyol seharusnya bisa unggul lebih dulu andai Luis Miguel Afonso Fernandes, alias Pizzi, tak membuang-buang dua kesempatan bagus yang didapatkannya.

Bencana bagi tuan rumah akhirnya datang di menit ke-77. Dalam sebuah perebutan bola dengan Neymar di dalam kotak penalti, Javi López tampak mengangkat tangan searah bola. Selain itu, ia juga mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga sepatunya menerjang perut Neymar.

Wasit kemudian memberikan hasih penalti pada Barca dengan dakwaan hand-ball. Javi López mengajukan protes, namun wasit bersikeras pada keputusan semula dan memberinya kartu kuning. Lionel Messi yang menjadi eksekutor penalti sukses menyarangkan bola ke gawang. 1-0 Barcelona mengungguli lawannya.

Situasi jadi makin parah bagi Espanyol setelah kiper mereka diusir keluar lapangan karena memblok bola dengan tangan di luar kotak penalti. Javi López pun didaulat menjadi kiper karena Espanyol tak bisa melakukan pergantian pemain lagi. Beruntung gawang tuan rumah aman hingga pertandingan berakhir meski tetap saja menderita kekalahan.

Skor 1-0 sudah cukup bagi Barcelona untuk menduduki puncak klasemen dengan keunggulan dua dan lima poin dari Atletico Madrid dan Real Madrid di peringkat 2-3. Namun Barca harus rela turun ke posisi dua jika Atleti bisa memenangkan pertandingan melawan Atletic Bilbao.

Espanyol 0 – 1 Barcelona
(Lionel Messi 77′)

Espanyol: 13 Casilla Cortés (kartu merah), 16 López Rodríguez, 18 Fuentes Hernández, 14 López Silva, 19 Colotto, 15 Moreno (da Silva Junior – 49′), 8 Stuani, 4 Sánchez Mata, 9 García de la Fuente, 10 Afonso Fernandes (Fernández Iglesias – 66′), 20 Sabrosa (Córdoba – 78′)
Substitutes: 1 Parreño Boix, 3 Rodríguez, 17 Álvarez Delgado, 22 Fernández Iglesias, 23 González Casanova

Barcelona: 13 Pinto Colorado, 22 Dani Alves, 18 Alba, 16 Busquets, 3 Piqué, 14 Mascherano, 6 Xavi, 4 Fábregas (Sergi – 90′), 10 Messi, 7 Pedro (Iniesta – 78′), 11 Neymar (Sánchez – 81′)
Substitutes: 15 Bartra, 20 Tello, 21 Adriano, 25 Olazábal Paredes

Ref: Carlos Clos Gómez
Att: 31,666

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response