Preview Liga Spanyol: Espanyol vs Barcelona

Ditulis 29 Mar 2014 - 12:43 oleh Eko Nurhuda
|
Espanyol vs Barcelona

Lionel Messi (10), menghadapi tantangan Espanyol tanpa kehadiran kiper utama.

BARCELONA (BanyumasNews.com) – Barcelona mulai menebar ancaman pada rival langsungnya dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol setelah memenangkan laga ketat el clasico melawan Real Madrid. Namun, cedera parah kiper utama Victor Valdes bisa menjadi poin minus bagi tim Catalan saat menghadapi tim sekota, RCD Espanyol.

Valdes mendapat cedera parah ketika Barca menang 3-0 melawan Celta Vigo. Kiper yang kontraknya habis musim panas nanti tersebut bahkan hanya bermain selama 20 menit awal. Kiper kedua Barcelona, Pinto, masuk menggantikannya dan sukses menjaga gawang tetap steril.

Menghadapi Espanyol, pelatih Gerardo Martino mengatakan timnya bahkan lebih kuat meski tak akan diperkuat Valdes.

“Tim ini sudah biasa menghadapi kesulitan dan [cederanya Valdes] ini salah satu di antaranya. Para pemain tentu saja akan menjadi lebih kuat setelah kejadian ini,” ujar Martino seperti dikutip BBC Sport.

Poin Espanyol yang menduduki peringkat delapan terpaut sangat jauh dengan Barcelona. Lionel Messi cs. yang mengoleksi 72 poin, unggul 32 angka atas calon lawan. Namun, salah jika menganggap Espanyol tidak bisa memberikan perlawanan pada Barca. Absennya Valdes bisa jadi akan dimanfaatkan dengan baik oleh barisan depan Espanyol.

Satu hal yang harus diwaspadai Martino, Espanyol hanya kebobolan lima gol dari enam pertandingan terakhir mereka. Barca sendiri sempat kalah dua kali berurutan di kandang lawan, sebelum akhirnya memutus rekor buruk itu dengan menang 4-3 secara dramatis di Santiago Bernabeu.

“Espanyol sangat mirip dengan Atletico Madrid. Mereka membuat tekanan dan menjadikan setiap pertandingan sulit dihadapi,” ujar Martino lagi.

“Aku membayangkan sebuah laga kompleks. Ini akan berjalan ketat, dengan jarak yang sangat kecil, dan itu tak akan membuat kami nyaman,” tambahnya.

Barca boleh gembira karena lini tengah mereka akan kembali komplit di Espanyol. Gelandang Andres Iniesta yang mendapat cedera ringan saat menghadapi Celta Vigo sudah pulih. Demikian juga dengan Xavi yang diistirahatkan pada Rabu lalu.

Berita buruknya, Martino harus mencari pengganti Alex Song yang tak fit sehingga kecil kemungkinan bisa tampil malam nanti.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response