Preview Liga Inggris: Manchester United vs Aston Villa

Ditulis 29 Mar 2014 - 11:54 oleh Eko Nurhuda
|

Manchester United vs Aston VillaMANCHESTER (BanyumasNews.com) – Pelatih David Moyes dipastikan mendapat tekanan hebat dari fan Manchester United pekan ini. Sejumlah fan yang kecewa dengan penampilan buruk United musim ini sudah merencanakan sebuah atraksi untuk memprotes Moyes jelang laga Manchester United vs Aston Villa di Old Trafford, Sabtu (29/3) malam nanti.

Sekelompok fan yang dikoordinir oleh Wes Jones sudah menyewa sebuah pesawat untuk menerbangkan banner besar bertuliskan “Wrong One – Moyes Out” di sekeliling stadion jelang pertandingan. Foto uji coba penerbangan banner ini di sebuah tempat yang tak disebutkan bahkan sudah beredar luas di media sosial.

“Kami ingin menunjukkan bahwa dukungan pada Moyes tidaklah 100% seperti yang ia (Moyes) pikir,” demikian ujar Jones kepada BBC Sport.

Rencana tersebut sudah sampai ke telinga Moyes. Namun dengan tenang eks manajer Everton ini mengatakan bahwa apa yang dialami United musim ini adalah sebuah permulaan dari satu perjalanan panjang. Ia juga meminta fan mendukung upaya klub untuk kembali ke jalur kemenangan.

Moyes hendaknya tak cuma bicara. Ia sudah harus kembali merebut dukungan fan mulai pekan ini. Caranya tentu saja dengan memenangkan pertandingan melawan Aston Villa. Publik Old Trafford tentu sudah mulai muak melihat tim idolanya jadi bulan-bulanan di kandang sendiri. Terakhir, Manchester City mengobrak-abrik stadion yang di masa Sir Alex Ferguson terkenal keramat tersebut dan membawa pulang kemenangan 3-0.

Asa untuk bangkit terlihat ketika secara luar biasa Robin van Persie cs. menang telak 3-0 atas Olympiakos dan lolos ke babak perempatfinal Liga Champion. Disusul kemenangan 2-0 di kandang Fulham. Namun, kemenangan tersebut sedikit berbau keberuntungan sebab kedua gol Wayne Rooney lebih terlihat sebagai blunder lawan ketimbang kehebatan United sebagai sebuah tim.

Melawan Villa, Moyes harus mengembalikan soliditas tim asuhannya. Meski hanya menempati peringkat 12 klasemen sementara, namun Villa bukan tim yang bisa diremehkan. Chelsea sempat dibuat menderita ketika dikalahkan 0-1 oleh gol tunggal Fabian Delph. Ada baiknya Moyes hati-hati dalam menyusun taktiknya agar Old Trafford tak kembali menjadi ajang pembantaian bagi tuan rumahnya sendiri.

Rekor pertemuan kedua klub sendiri memihak United yang sukses meraup 100 poin dari laga melawan Villa di liga. Jika hanya menghitung pertemuan di liga, United hanya kalah sekali dari Villa dalam 36 pertemuan terakhir. Kemenangan terakhir Villa atas United terjadi pada Desember 2009. Ketika itu gol tunggal Gabriel Agbonlahor membuat penonton di Old Trafford terdiam melihat skor akhir 0-1 bagi kemenangan tim tamu.

Berita baik bagi Moyes, kapten tim Nemanja Vidic bisa kembali bermain setelah merampungkan suspensi dua laga karena mendapat kartu merah di pertandingan melawan Liverpool. Hanya saja, kembalinya Vidic di jantung pertahanan disusul dengan menepinya Chris Smalling dan Jonny Evans karena cedera.

Moyes semakin pusing mendapati kenyataan Van Persie masih harus bergelut dengan cedera lutut. Tanpa sang penyerang Belanda, lini depan United terlihat kurang kreatif. Ini bisa dimanfaatkan oleh Villa yang sangat jago dalam menyulitkan tim-tim besar musim ini.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response