Banyumas Lounching Program Strategis Tahun 2014 Semester I

Ditulis 28 Mar 2014 - 22:44 oleh Nanang BNC

didi rdwiyantoBANYUMAS (BanyumasNews.Com) – Empat Program Strategis Pemerintah Kabupaten Banyumas Tahun 2014 yaitu Kartu Banyumas Sehat, BPJS Perangkat Desa, Akta Kelahiran Gratis dan Infrastruktur siap dijalankan. Kesiapan Pemkab terwujud dari dilaksanakannnyan lounching program-program strategis Tahun 2014 semester I pada Jum’at (28/3) oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husain dan wakil bupati dr. Budi Setiawan.

Lounching Kartu Banyumas Sehat tahap III dilaksanakan oleh wabup di Desa Gebangsari Kecamatan Tambak dan untuk 3 program lainnya yaitu Akta Kelahiran gratis, Infrastruktur dan BPJS Perangkat Desa oleh Bupati Ir. H. Achmad Husain di Desa Dawuhan Kulon Kecamatan Kedungbanteng.

Kegiatan louncing program strategis juga dilaksanakan teleconference antara bupati Ir. Achmad Husain di Dawuhan Kulon dan Wabup dr. Budi Setiawan di Desa Gebangsari Tambak yang diharapakan masyarakat di dua tempat tersebut dapat mendenegarkan dan bertanya langsung kepada bupati dan wakil bupati.

Hadir di Dawuhan Kulon Bupati, Sekda, Asekbang Kesra Kepala Dinas/Lemtekda selain DKK, Camat se kabupaten Banyumas selain yang berada di eks Kawedanan Sumpiuh Muspika Kedungbanteng, Kades se Kec. Kedungbanteng,dan tokoh masyarakat Dawuhan Kulon, sementara di Desa Gembangsari hadir Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kepala DKK, camat se eks Kawedanan Sumpiuh dan kades se Kec. Tambak dan Tokoh masyarakat Desa Gebangsari kecamatan Tambak.

Asekbang & Kesra Setda Kabupaten Banyumas Ir. Didi Rudwiyanto, M.Si dalam laporannya menyampaikan, lounching program – program strategis yang dilaksanakan pada semester I Tahun 2014 merupakan program yang siap untuk dijalankan bahkan ada yang sedang dijalankan dan sudah mengalami peningkatan.

Menurut Didi Rudwiyanto,sampai dengan tanggal 24 Maret 2014, jumlah total KBS yang telah di salurkan ke masyarakat pada louncing tahap 1 sebanyak 9.736 tahap II sebanyak 18.663 kartu, tahap ke III sebanak 15,918 dan pelayanan harian 8.245 kartu, sehingga kartu KBS yang telah tercetak dan disalurkan mencapai 52.562 kartu

Tahun 2013 dari 50.437 pemohon, sudah berhasil diselesaikan 44.786 dan sisa 5.651akta kelahiran dan untuk tahun 2014, sampai dengan bulan Maret 2014, dari jumlah pemohon sebanyak 26.634, baik melalui kantor maupun pelayanan keliling, telah diselesaikan sebanyak 10.880 dan sisa sebanyak 15.754 akan segera terselesaikan.

Sedangkan untuk akta kelahiran 2011 dan 2012 yang belum selesai adalah karena data tidak lengkap dan berkas permohonan sudah dikembalikan ke pemohon untuk di lengkapi dan diajukan kembali

Guna lebih meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan khususnya Akta Kelahiran secara gratis, Dindukcapil bekerjasama dengan RSUD Banyumas dan RSUD Ajibarang memfasilitasi pelayanan gratis pembuatan akta kelahiran bagi anak yang baru lahir (jebrol) baik di RSUD Banyumas maupun RSUD Ajibarang.

Dari sebanyak 301 Desa di 23 Kecamatan se Kabupaten Banyumas, sampai dengan tanggal 18 Maret 2014, sebanyak 113 Desa di 13 Kecamatan telah mengirimkan daftar nominatif kepesertaan BPJS Kesehatan Perangkat Desa ke kantor Cabang utama Purwokerto BPJS Kesehatan, dan yang sudah dirlisasikan 2 Kecamatan dan untuk Desa-desa yang telah mengirimkan daftar nominatifnya, kartu BPJS-nya direncanakan akan direalisasikan pada bulan April 2014. Bagi desa yang belum mengirimkan daftar nominatifnya sedang dilakukan verifikasi data untuk selanjutnya di kirimkan ke Kantor Cabang Utama Purwokerto BPJS Kesehatan.

Tentang Penulis

Leave A Response