Purbalingga Miliki Mobil Perpustakaan Keliling

Ditulis 04 Jan 2010 - 21:46 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Pemkab melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah menerima bantuan (hibah) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berupa 1 (satu) unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) lengkap dengan koleksi buku sebanyak 1.342 eksemplar.

Berita acara serah terima hibah telah dilakukan di Jakarta pada tanggal 21 Desember 2009 lalu. Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional dan Pemkab Purbalingga yang diwakili oleh Kepala Perpus dan Arsda.

Bupati Purbalingga Drs. Triyono Budi Sasongko, MSi yang menyempatkan meninjau langsung mobil tersebut mengungkapkan kegembiraannya berkaitan dengan adanya hibah kepada Pemkab Purbalingga. Triyono mengharapkan, masyarakat yang belum berkesempatan mengunjungi perpustakaan dapat terbantu dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini. Lebih lanjut Triyono berharap agar minat baca masyarakat bertambah yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan.

Kepala Perpus dan Arsda Drs. Purwanto, MSi menyatakan bahwa nilai total hibah dari Perpustakaan Nasional ini adalah sebesar Rp.250.367.000,00, terdiri dari Mobil Perpustakaan Keliling senilai Rp.172.500.000,00 serta koleksi buku senilai Rp.77.867.000,00. Lebih lanjut Purwanto menambahkan bahwa koleksi buku yang dihibahkan telah diproses dan dilengkapi dengan kartu katalog yang dapat memudahkan pencarian koleksi buku.

Menurut Purwanto, operasionalisasi mobil perpustakaan keliling ini akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Purbalingga kepada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah pada tanggal 31 Desember 2009 bertepatan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-37 bertempat di Pendopo Dipokusumo (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response