Petani Tegal Ekspor Bunga Melati

Ditulis 27 Mar 2014 - 21:36 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
266
Dalam Tag
Wagub Jateng Heru Sudjatmoko dan Mentan Suswono memanen bunga melati di Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Tegal.

Wagub Jateng Heru Sudjatmoko dan Mentan Suswono memanen bunga melati di Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Tegal.

TEGAL (BanyumasNews.Com)  – Alih fungsi lahan produktif yang sebagian besar untuk sektor industri membuat lahan pertanian semakin berkurang. Kondisi itu menjadi kendala bagi petani dalam peningkatan produktivitas hasil pertanian.

Menteri Pertanian RI Dr Ir Suswono MMA berharap kepala daerah diharapkan mencari akses bagi petani agar mereka memiliki lahan yang luas untuk pertanian. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan lahan perhutani.

“Harus ada upaya menambah akses lahan untuk bisa meningkatkan produksi. Perhutani sudah membuka diri, silahkan dimanfaatkan.” kata Suswono saat Panen Bunga Melati, Peresmian Packaging House, serta Pelepasan Ekspor Bunga Melati di Desa Maribaya Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Rabu (26/3).

Jika jumlah produksi bunga melati semakin banyak, Suswono yakin pasar akan terbuka lebar, terutama di luar negeri. Untuk itu dirinya juga memberikan apresiasi kepada pihak swasta pengekspor bunga melati. Mereka diharapkan bisa bekerja sama saling menguntungkan dengan petani.

“Jangan rugikan petani, kerja sama harus saling menguntungkan. Kalau harga lagi bagus tentu ke petani juga bagus. Jika pasar ekspor meningkat, petani bunga melati akan sejahtera,” tegasnya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs Heru Sudjatmoko MSi mengharap melalui ekspor bunga melati, kestabilan harga dapat terjaga. Jika itu bisa dilakukan, petani akan merasakan hasil jerih payah mereka.
“Pertanian saya harapkan jadi sesuatu yang bisa menghidupi. Dengan adanya eksportir ini jangan sampai ada bunga melati yang terbuang. Harganya pun mudah-mudahan bagus, sehingga petani sejahtera,” kata Heru.

Bupati Tegal Enthus Susmono menyambut gembira adanya perusahaan ekspor bunga melati di Kabupaten Tegal. Karena keberadaannya bisa membuat perkebunan bunga melati berkembang dan semakin mengukuhkan kabupaten tersebut sebagai pengekspor bunga melati terbanyak di Indonesia.

“Ekspor bunga melati Kabupaten Tegal terbesar di indonesia. Saya ingin perkebunan bunga melati terus berkembang,” ucap Enthus. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response