Liga Spanyol: Kalahkan Celta Vigo di Camp Nou, Barcelona Naik ke Peringkat 2

Ditulis 27 Mar 2014 - 09:17 oleh Eko Nurhuda
|
Neymar

Neymar jadi bintang kemenangan Barcelona atas Celta Vigo, Kamis (27/3) dini hari.

BARCELONA (BanyumasNews.com) – FC Barcelana melanjutkan tren kemenangan di kandang setelah menaklukkan tamunya Cleta de Vigo dengan skor 3-0 pada Kamis (27/3) dini hari WIB. Dua gol dari Neymar, plus satu dari Lionel Messi memantapkan peroleh tiga poin tim Catalan.

Barcelona tampak memulai pertandingan dengan sangat bersemangat. Ini tak lepas dari kemenangan dramatis 4-3 atas musuh bebuyutan Real Madrid pada akhir pekan lalu. Baru semenit pertandingan berjalan, Messi sudah membobol gawang lawan. Sayang, ternyata posisi pemain Argentina ini sudah terjebak offside sebelum mendapat bola.

Tuan rumah benar-benar unggul di menit ke-6. Messi menjadi otak terciptanya gol dengan mengirimkan bola yang membelah pertahanan Celta Vigo kepada Alexis Sanchez. Striker asal Cile itu pun membawa bola ke depan, mengecoh pemain bertahan lawan, lalu memberi umpan tarik pada Neymar yang tinggal menyentuh bola pelan saja untuk membuat gol.

Trio Amerika Latin Messi-Sanchez-Neymar kembali menebar ancaman beberapa menit berselang. Setelah saling mengumpan bola dengan Messi, Neymar kemudian melakukan tembakan ke arah gawang. Sayang bola hanya menghantam sisi luar jala gawang.

Celta Vigo yang memenangkan tiga dari empat laga tandang terakhir mereka mencoba membalas. Kesempatan tersebut terbuka pada menit ke-20. Adriano melakukan handball tepat di luar kotak penalti. Para pemain Celta mengira itu adalah penalti, namun wasit hanya memberi tanda tendangan bebas. Fabian Orellana melakukan tendangan bebas dengan sangat baik, namun Victor Valdes melakukan penyelamatn gemilang untuk menggagalkan gol balasan tim tamu.

Penyelamatan Valdes harus dibayar mahal. Ketika jatuh ke rumput, kiper kedua timnas Spanyol ini membuat lututnya cedera. Hasil pemeriksaan usai pertandingan menyebut Valdes menderita cedera ACL yang akan membuatnya absen hingga musim berakhir. Cedera ini juga memastikan dirinya tak bisa tampil di Piala Dunia nanti.

Barcelona merespon insiden ini dengan membuat gol kedua di menit ke-30. Pergerakan Andres Iniesta yang disusul umpan pada Messi membuat bintang Argentina tersebut dengan mudah membobol gawang. Barcelona 2 Celta Vigo 0. Skor bertahan hingga babak pertama berakhir.

Kehilangan Valdes yang digantikan Pinto, Barcelona tampak kerepotan di babak kedua. Meski sempat menggebrak di menit awal babak kedua melalui Neymar, selanjutnya gawang Barca terus-terusan dibombardir oleh barisan penyerang tim tamu. Augusto Fernández, Santi Mina dan Iñigo López di kubu Celta bergantian coba membobol gawang Pinto, tapi kiper dengan rambut berkuncir kuda ini sukses menghalau semua serangan.

Barca akhirnya keluar dari tekanan setelah Neymar mencetak gol keduanya pada menit ke-67. Lagi-lagi kerja samanya dengan Sanchez membuat lini pertahanan lawan kocar-kacir. Umpan dari Sanchez dengan dingin diarahkan ke pojok kanan bawah gawang tanpa mampu dihalangi kiper 8Rodríguez Oterino.

Tak ada gol lagi tercipta hingga pertandingan berakhir. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan Barcelona. Hasil ini dikombinasikan dengan kekalahan Real Madrid dari Sevilla mengantarkan Lionel Messi cs. naik ke peringkat dua. Inilah kali pertama Barca mengungguli Madrid di klasemen sejak lengser dari puncak klasemen.

Barcelona 3 – 0 Celta de Vigo
(Neymar 6′, 67′, Messi 30′)

Barcelona: 1 Valdés (Pinto Colorado – 24′), 21 Adriano, 18 Alba, 17 Song, 15 Bartra, 14 Mascherano, 4 Fábregas, 8 Iniesta (Sergi – 45′), 10 Messi, 9 Sánchez, 11 Neymar (Pedro – 71′)

Celta de Vigo: 13 Rodríguez Oterino, 2 Mallo Novegil, 15 Aurtenetxe, 19 Castro Otto, 3 Fontás (Oubiña – 74′), 22 Cabral (López – 38′), 24 Fernández, 8 López Sánchez, 14 Orellana (Bermejo – 64′), 29 Mina Lorenzo, 17 Madinda

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response