Liga Inggris: Liverpool Lanjutkan Tren Kemenangan

Ditulis 27 Mar 2014 - 08:31 oleh Eko Nurhuda
|
Liverpool, Liga Inggris

Steven Gerrard merayakan golnya di babak pertama dalam pertandingan melawan Sunderland, Kamis (27/3) dini hari.

LIVERPOOL (BanyumasNews.com) – Liverpool terus menunjukkan mereka layak dihitung sebagai salah satu kandidat juara. Menjamu Sunderland di Anfield, Kamis (27/3) dini hari WIB), Steven Gerrard cs. menang tipis 2-1. Namun kemenangan ini sudah cukup untuk membuat mereka kembali naik ke peringkat dua.

Sebelum pertandingan dimulai sempat terjadi momen menarik di luar stadion. Ketika bus yang membawa tim memasuki area stadion, fan Liverpool menyambut dengan menyanyikan lagu-lagu khas mereka serta membawa berbagai spanduk berisi dukungan pada Brendan Rodgers dan timnya.

Memasuki lapangan, rekor apik di kandang coba dijaga oleh para pemain Liverpool dengan langsung menggeber serangan sejak menit awal. Dalam 10 menit awal saja sudah tercipta enam tendangan menuju ke gawang! Sayang, dari enam usaha tersebut hanya sepakan Daniel Sturridge yang tepat mengarah ke gawang.

Sunderland membalas melalui Phil Bardsley di menit ke-13. Sayang tendangannya dari luar kotak penalti masih bisa diblok pemain Liverpool.

Tuan rumah kemudian unggul di menit ke-39 melalui tendangan bebas indah kapten tim, Gerrard. Tendangan bebas didapat setelah Luis Suarez ditekel oleh Santiago Vergini. Vergini sendiri mendapat kartu kuning dari wasit Kevin Friend.

Sunderland coba membalas lewat tendangan Connor Wickham di menit ke-42. Mendapat umpan sundulan dari Jozy Altidore, pemain yang dipanggil kembali dari masa peminjamannya di Leeds United melepas tendangan keras dari luar penalti. Beruntung kiper Simon Mignolet masih sigap melakukan penyelamatan.

Semenit berselang giliran sundulan Santiago Vergini memanfaatkan sepak pojok Emanuele Giaccherini yang mengancam. Namun bola masih melebar ke samping gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga babak pertama usai.

Liverpool lanjutkan agresivitasnya di babak kedua. Daniel Sturridge bahkan sudah membuat skor menjadi 2-0 ketika paruh kedua laga baru berjalan tiga menit. Mendapatkan bola dari Jordan Henderson, tendangan Stu melesat ke pojok kiri atas gawang tanpa mampu dihalau kiper.

Dominasi tuan rumah terus berlanjut usai gol tersebut. Namun lini pertahanan Sunderland begitu disiplin sehingga menyulitkan barisan penyerangan Liverpool untuk menambah gol. Statistik menunjukkan, Liverpool menguasai 61% ball possession, disusul 21 tendangan tapi hanya 7 saja yang tepat ke gawang.

Alih-alih menambah keunggulan, gawang Mignolet justru kebobolan di menit ke-76. Pemain asal Korea Selatan Ki Sung-Yueng menebar ancaman dengan lebih dulu melepas tendangan dari jarak dekat yang masih bisa ditepis. Sepak pojok yang tercipta usai momen inilah yang kemudian menjadi gol balasan tim tamu. Ki sukses menyambut bola dari Adam Johnson dan menyundulnya ke dalam gawang.

Tak ada gol lagi tercipta setelah itu. Skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool bertahan hingga peluit akhir berbunyi. Hasil ini pun membuat Liverpool kembali naik ke peringkat dua klasemen sementara dengan poin 68.

Liverpool kini tinggal berselisih satu poin dari Chelsea di puncak klasemen. Keuntungan bagi The Reds, The Blues bakal bertandang ke Anfield pada April mendatang. Dengan klub sekelas Everton dan Arsenal dibantai dengan skor telak di Anfield, banyak yang menilai Liverpool bisa mengalahkan tim asuhan Jose Mourinho tersebut.

Jika itu terjadi, Liverpool semakin dekat ke trofi juara yang sudah 24 tahun tak mereka peroleh.

Liverpool 2 – 1 Sunderland
(Gerrard 39′, Sturridge 48′ – Ki 76)

Liverpool: 22 Mignolet, 2 Johnson, 38 Flanagan, 8 Gerrard, 37 Skrtel, 5 Agger, 14 Henderson, 10 Coutinho, 7 Suarez, 15 Sturridge (Sterling – 77′), 24 Allen

Sunderland: 25 Mannone, 2 Bardsley, 3 Dossena (Colback – 83′), 5 Brown, 16 O’Shea, 27 Vergini, 26 Bridcutt, 33 Cattermole, 23 Giaccherini (Johnson – 61′), 17 Altidore, 10 Wickham (Ki – 61′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response