Sepatu Lokal Tak Kalah Kualitas

Ditulis 25 Mar 2014 - 17:12 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
262
Dalam Tag
Bupati Sukento bersama istri membeli sepatu local produksi industry rumahan ‘Setuju’ di Jalan Kapten Sarengat Purbalingga. Sepatu local tak kalah kualitasnya disbanding sepatu produksi industri.

Bupati Sukento bersama istri membeli sepatu local produksi industry rumahan ‘Setuju’ di Jalan Kapten Sarengat Purbalingga. Sepatu local tak kalah kualitasnya disbanding sepatu produksi industri.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhanedrianto memborong sepatu bikinan home industry  “Setuju”  yang berada di Jalan Kapten Sarengat, Purbalingga. Sukento sengaja membeli sepatu itu untuk menggenjot produktivitas home industry di Purbalingga.

“Produk lokal Purbalingga perlu kita tingkatkan, dengan cara kita membeli produk lokal tersebut, ” kata Sukento, Selasa (25/3).

Sukento mengatakan kualitas sepatu lokal Purbalingga sebenarnya tidak kalah dengan merek-merek terkenal di Indonesia bahkan dunia, dipakai enak dan harganya lebih murah. Sukento mengajak kepada seluruh warga Purbalingga supaya beli sepatu produk Purbalingga. “Yo ngango sepatu gawean Purbalingga rasane meh pada karo sepatu merek Andrew, cuma beda tipis, harganya adoh banget ” kata Sukento.

Menurut penuturan pemilik home industry Setuju, Siswanto home industry tersebut yang berdiri sejak tahun 1965an. Sejak pada masa keemasan Siswanto bisa membuat sepatu sehari sebanyak 16 pasang, dengan jumlah karyawan sebanyak 8 orang.  Namun sekarang hanya bisa membuat 5 pasang sehari dengan karyawan tinggal 3 orang hal tersebut di sebabkan kurangnya pesanan. “Setiap harinya selain memproduksi sepatu kita juga reparasi jaket kulit, tas kulit dan reparasi sepatu.” katanya

Dengan kedatangan orang nomor satu di Purbalingga, Siswanto merasa senang, merasa diperhatikan sebagai pengrajin sepatu. Siswanto juga menceritakan bahwa Sukento adalah teman lamanya saat sekolah di SMPN 2 Purbalingga. “Dulu beliau kecilnya sering kesini, saya berharap dengan kedatangan beliau kesini produksi sepatu saya kembali bangkit” katanya

Pangsa pasar sepatu yang dikelola Siswanto selama ini masih sebatas pesanan dari buruh pabrik. Siswanto berharap dengan Pemda untuk mengaungkan pemakaian sepatu lokal Purbalingga dengan begitu produksi sepatunya bisa masuk di jajaran PNS terutama Satpol PP yang setiap tahun membeli sepatu untuk anggotanya.

“Sepatu saya murah dengan kisaran harga 200 ribuaan kebawah dan garansi 1 tahun” pungkas Siswanto. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response