Sasaran Jamkesmas Diperluas Ke Panti-panti dan Lapas

Ditulis 03 Jan 2010 - 21:14 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Pemerintah menetapkan perluasan sasaran Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) pada program 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu, yaitu untuk panti asuhan dan panti jompo, serta bagi para penghuni lapas atau rumah tahanan (Rutan). Untuk itu, Rutan dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) diminta untuk segera mendata jumlah penghuni lapas yang miskin dan jumlah penghuni panti-panti yang juga termasuk kategori keluarga miskin. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, dr.M. Yusrie Husein .

Menurut Yusrie, sasaran Jamkesmas tahun 2009/2010 untuk Provinsi Jawa Tengah sebanyak 11,7 juta. ”Khusus untuk Banjarnegara sesuai kuota sebanyak 444.001 jiwa dan sisanya (non kuota) sebanyak 37.579 jiwa. ”Untuk itu, ke depan kita perlu menyiapkan dana untuk masyarakat miskin non kuota agar bisa memperoleh Jamkesmas. Mengacu pada premi Jamkesmas sebesar Rp.5000,-/bulan, maka perlu kesiapan dana sebesar Rp.2,25 Milyar untuk merealisasikannya,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Sekda Banjarnegara, Syamsudin S.Pd.M.Pd menyarankan agar persiapan untuk mewujudkan peningkatan mutu kesehatan masyarakat tersebut perlu segera ditindaklanjuti. ”Mengingat adanya perubahan pada kepesertaan, diperlukan validasi data rumah tangga sasaran, terutama pada nama dan alamat yang berhak mendapatkan kartu Jamkesmas. Perlu pula mendata penghuni Panti-panti dan Rutan yang miskin agar si penerima sesuai sasaran,” tegasnya.

Syamsudin juga menambahkan agar tim yang menangani Jamkesmas bisa terus melakukan koordinasi dengan menggiatkan kegiatan yang efektif dan melakukan evaluasi secara rutin. Selain itu, ia menghimbau agar segera dilaksanakan pertemuan untuk membahas penarikan dana Jamkesmas bagi para PNS dan mencanangkan Bulan Dana Kesehatan Masyarakat di Banjarnegara mengingat pentingnya kesehatan sebagai hak fundamental setiap warga negara (banyumasnews.com/yoi)

Tentang Penulis

Leave A Response