Pantai selatan Kebumen dan Cilacap kembali telan korban

pantai selatanKEBUMEN Liburan panjang akhir tahun 2009 dan awal tahun 2010 yang dimanfaatkan orang untuk berwisata ke pantai perariran selatan Jetang diwarnai berbagai kecelakaan. Di pantai Setrojenar Kecamatan Buluspesantren, Kebumen, seorang wisatawan bernama Riyadi (15) asal Desa Sawangan, Kecamatan Selomerto, Wonosobo tenggelam di pantai tersebut, Sabtu (2/1) sekitar pukul 15.45 WIB.

Sedangkan di Pantai Indah Widarapayung (PIW), Cilacap, dua warga Banyumas yaitu Ari Nugroho (18) warga Cilongok RT 02/Rw 01 dan Sobirin (20) warga desa Karangnanas Rt 05/Rw 05 Kecamatan Sokaraja diduga hilang ditelan ganasnya ombak pantai selatan pada Jum’at (1/1).

Di Kebumen, jasad Riyadi ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di pantai Brecong sekitar 2 kilometer kearah timur dari lokasi tenggelam, Minggu (3/1). Korban ditemukan oleh Sumarno (40), warga Desa Brecong Kecamatan Buluspesantren saat hendak hendak menjaring ikan di laut. Saat itu, dia langsung melaporkan penemuan mayat tersebut kepada aparat desa yang diteruskan ke Polsek Buluspesantren.

Riyadi berwisata ke pantai mengendarai sepeda motor bersama lima teman dan saudaranya. Sesampai di pantai korban langsung mandi dan mencari undur-undur. Sedang asyik mencari undur-undur,  mereka tidak sadar ombak besar mengintai hingga menggulung dan menyeret korban ke tengah laut.

Kapolres Kebumen AKBP Andik Setiyono melalui Kapolsek Buluspesantren AKP Sudarno DS menjelaskan setelah jenazah korban ditemukan, unit Identifikasi Polres Kebumen angsung melakukan identifikasi.Dari identifikasi, dapat dipastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah Riyadi yang hilang sehari sebelumnya.

Pengelola pantai sesungguhnya telah memasang papan larangan mandi. Peringatan juga terus diumumkan melalui melalui pengeras suara. Namun pengunjung terkadang tidak memperhatikan dan masih nekat mandi di pantai. Berdasar informasi yang dihimpun, kejadian tersebut menambah panjang daftar korban tenggelam di pantai selatan. Pada 19 des 2009,  Juhri (17) warga Desa Kuwayuhan,Kecamatan Pejagoan, Kebumen juga tewas terseret gelombang di pantai tersebut dan ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa setelah dua hari kemudian.

Stasiun Meteorologi dan Geofisika Cilacap juga secara berkala mengeluarkan prakiraan cuaca kondisi gelombang dan cuaca perairan Jateng dan DIY bagian selatan. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.