Liga Europa: Sevilla Paksa Real Betis Bermain Hingga Adu Penalti

Ditulis 21 Mar 2014 - 06:31 oleh Eko Nurhuda
|

Real Betis vs Sevilla

Real Betis vs Sevilla

SEVILLE (BanyumasNews.com) – Duel sesama tim La Liga asal kota Seville berjalan seru. Real Betis yang di leg pertama menang 2-0 di kandang Sevilla, dibuat repot oleh perlawanan tamunya. Sevilla balik menang 2-0 dan Betis tak mampu membalas hingga waktu normal sehingga pertandingan berlanjut ke babak tambahan dan adu penalti.

Modal keunggulan 2-0 di leg pertama rupanya tak menjamin langkah Betis lolos dengan mudah ke babak perempatfinal. Giliran menjamu Sevilla di Stadion Benito Villamarin, Jumat (21/3) dini hari WIB, Betis berbalik kalah 0-2. Karena agregat menjadi imbang 2-2, babak tambahan 2×30 menit pun diberikan wasit.

Dua gol Sevilla dicetak oleh Reyes pada menit ke-20. Tendangan kaki kirinya dari tengah kotak penalti tak mampu dihalau kiper Antonio Adan sehingga bola bersarang mulus di pojok kiri bawah gawang. Sevilla unggul 1-0 dan agregat pun menipis menjadi 2-1.

Betis sebenarnya hanya butuh mencetak gol agar tugas Sevilla semakin berat. Satu gol balasan saja dari Betis, maka Sevilla harus mencetak tiga gol lagi agar bisa menang agregat. Namun, Betis terlalu banyak membuang peluang. Dari 24 tembakan yang mereka ciptakan, hanya satu yang mengarah tepat ke gawang.

Sevilla memanfaatkan ketidak-efektifan permainan tuan rumah dengan mencetak gol kedua. Di menit ke-75, tendangan kaki kanan Carlos Bacca dari tengah kotak penalti memanfaatkan umpan silang Alberto Morena gagal diantisipasi oleh kiper. Skor pun menjadi 2-0 untuk keunggulan tim tamu, agregat sama kuat 2-2.

Real Betis Grogi
Pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan. Lagi-lagi Betis gagal mencetak gol untuk lolos langsung ke babak perempatfinal. Beruntung gawang Adan tak kembali bobol sehingga babak adu penalti pun digelar. Namun rupanya mental pemain tuan rumah sudah ambruk sehingga gagal di babak adu penalti.

Betis mengawali babak adu penalti dengan baik. Tiga penendang pertamanya, Rubén Castro, Salva Sevilla, dan Antonio Amaya sukses menunaikan tugas dengan baik. Sevilla mengimbanginya dengan tak kalah baik. Ketiga algoho pertama tim tamu Coke, Kevin Gameiro dan Alberto Moreno juga sukses menceploskan bola ke gawang.

Petaka bagi tuan rumah dimulai oleh penendang keempat, Alfred N’Diaye. Tendangan kaki kanan N’Diaye gagal menemui sasaran setelah membentur tiang kiri gawang. Sedangkan penendang keempat Sevilla Ivan Rakitic sukses melaksanakan tugas sehingga Sevilla unggul 4-3.

Tekanan berat dialami Nono yang bertindak sebagai eksekutor terakhir Real Betis. Jika gagal memasukkan bola ke gawang, habislah peluang tuan rumah. Benar saja. Tendangan kaki kanannya mampu dibaca kiper dan bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang berhasil dicegah melewati garis gawang.

Sevilla pun menang adu penalti dengan skor 4-3. Penendang penalti kelima Sevilla tidak perlu turun karena tidak akan mempengaruhi hasil. Kesuksesan ini menjadikan Sevilla tim Spanyol kedua di babak perempatfinal setelah Valencia.

Real Betis 0 – 2 Valencia (ap. 3-4)
(Reyes 20′, Bacca 75′)

Real Betis: 99 Adán, 4 Amaya, 17 Pérez López, 21 Reyes (Molina – 92′), 15 Perquis (Delgado Villar – 15′), 25 Figueras Montel, 11 Moreno Fuertes, 2 N’Diaye, 24 Castro, 92 Baptistao (Sevilla López – 73′), 22 Mabwati Gerard

Sevilla: 13 Bastos Pimparel, 5 Figueiras, 16 Moreno, 40 Mbia (Machín Pérez – 76′), 21 Pareja, 2 Fazio, 19 Reyes (Andújar Moreno – 51′), 11 Rakitic, 9 Bacca (Samperio Bustara – 107′), 18 Gameiro, 7 Marin

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response