Hasil Lengkap Pertandingan Babak 16 Besar Europa League (21/3)

Ditulis 21 Mar 2014 - 06:40 oleh Eko Nurhuda
|
Murat Yakin, FC Basel

FC Basel lolos ke perempatfinal setelah menang 2-1 di kandang Red Bulls Salzburg.

BanyumasNews.com – Delapan pertandingan leg kedua babak 16 besar Europa League dipentaskan langsung oleh UEFA pada Jumat (21/3) dini hari WIB. Tak banyak kejutan yang tersaji, tim-tim yang meraih hasil positif di leg pertama berhasil lolos ke babak perempatfinal. Satu-satunya fakta menarik adalah habisnya klub Inggris dari kompetisi kasta kedua Eropa ini.

Tottenham Hotspur selaku wakil terakhir Premier League di Europa League kembali bermain jelek setelah kalah 1-3 di kandang sendiri pada leg pertama. Menantang tuan rumah Benfica di Estadio Da Luz, Spurs kembali melanjutkan kemandulannya dengan gagal mencetak gol hingga memasuki 12 menit terakhir. Butuh kemenangan tiga gol bersih untuk melaju ke babak berikutnya, The Lily Whites hanya mampu bermain imbang 2-2.

Spurs tertinggal lebih dulu melalui gol Ezequiel Garay di menit ke-34. Gol yang ditunggu-tunggu baru tercipta di menit ke-78 melalui sundulan Nacer Chadli. Semenit berselang Chadli kembali mencetak gol. Namun alih-alih menambah gol, gawang Spurs justru kembali kebobolan di masa injury time. Penalti Lima membuat skor akhir menjadi imbang 2-2. Spurs pun kalah agregat 3-5.

Hasil ironis didapatkan Fiorentina. Setelah sukses menahan imbang Juventus dengan skor 1-1 di Juventus Stadium pada pertemuan pertama, I Viola yang hanya butuh hasil minimal 0-0 malah kalah tipis 0-1. Gol tendangan bebas Andrea Pirlo di menit ke-71 sudah cukup untuk menyingkirkan tim asuhan Vincenzo Montella.

Nasib sama dialami Napoli yang tak bisa menang di kandang sendiri pada leg kedua. Menjamu FC Porto dengan bekal kekalahan 0-1 di leg pertama, Napoli butuh hasil minimal 2-0 untuk lolos ke perempatfinal. Misi ini seperti bakal tercapai setelah Goran Pandev mencetak gol di babak pertama. Sayang, Napoli terlalu sering membuang peluang. Sebagai hukumannya, dua gol balasan dari Nabil Ghilas (69′) dan Ricardo Quaresma (76′) menamatkan perlawanan Napoli. Meski akhirnya Duvan Zapata mencetak gol kedua di menit 90, hasil imbang 2-2 membuat Napoli tersingkir karena kalah agregat 2-3.

Satu lagi tim tuan rumah yang kalah adalah FC Red Bulls Salzburg. Menjamu FC Basel, klub Austria ini kalah tipis 1-2. Padahal berbekal hasil imbang 0-0 di leg pertama, Salzburg yang di babak sebelumnya mengalahkan Ajax Amsterdam dua kali ini hanya butuh menang dengan skor berapa pun. Sayang, gol Jonathan di menit ke-22 dibalas dua kali oleh Basel lewat Marco Streller (50′) dan Gaston Sauro (60′).

Dari Rusia, Anzhi Makhachkala gagal memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah untuk ganti mengalahkan AZ Alkmar. Di pertemuan pertama, Anzhi kalah tipis 0-1 dan masih punya peluang lolos ke babak berikutnya. Sayang, barisan penyerang tuan rumah mandul sehingga laga berkesudahan 0-0. AZ Alkmar pun melenggang ke perepatfinal.

Klub Polandia Victoria Plzen juga tersingkir meskipun berhasil mengalahkan Olympique Lyonnais di kandang sendiri. Kemenangan tipis 2-1 tak cukup bagi Plzen untuk melaju ke perempatfinal karena pada pertemuan pertama di Lyon kalah telak 1-4. Agregat 3-5 pun meloloskan Lyon.

Lolos dengan rekor selalu menang di kedua leg dicatatkan oleh Valencia CF. Bertanding di kandang sendiri menjamu Ludogoretz Razgrad, klub berlogo kelelawar ini menang tipis 1-0. Gol tunggal Valencia dicetak oleh Francisco Alcácer di menit ke-59. Kemenangan ini memebuat tuan rumah menang agregat 4-0 dan menjadi satu-satunya tim yang lolos ke babak perempatfinal dengan memenangkan dua leg dan tak kebobolan.

Dari Spanyol, duel sesama tim La Liga antara Real Betis vs Sevilla berjalan seru. Betis yang menang 2-0 di kandang Sevilla pada leg pertama ganti tertinggal 0-2 di kandang sendiri. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak ekstra yang tak membuahkan gol sehingga berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak tos-tosan, tiga algojo pertama Real Betis sukses menceploskan bola ke gawang. Sayang, penendang keempat Alfred N’Diaye gagal menunaikan tugasnya dengan baik, disusul tendangan Nono yang mampu dihalau kiper Sevilla. Real Betis pun kalah 3-4 di babak adu penalti dan harus rela melihat tamunya bergembira merayakan kelolosan ke babak perempatfinal Europa League.

Berikut hasil lengkap Liga Europa leg kedua babak 16 besar, Jumat (21/3):
Benfica 2 – 2 Tottenham Hotspur (agregat 5 – 3)
Fiorentina 0 – 1 Juventus (agregat 1 – 2)
Napoli 2 – 2 FC Porto (agregat 2 – 3)
Real Betis 0 – 2 Sevilla (agregat 2-2, adu penalti 3-4)
Anzhi Makhachkala 0 – 0 AZ Alkmaar (agregat 0 – 1)
Valencia CF 1 – 0 Ludogorets Razgrad (agregat 4-0)
Viktoria Plzen 2 – 1 Lyon (agregat 3 – 5)
FC Red Bull Salzburg 1 – 2 Basel (agregat 1 – 2)

Catatan: Tim yang dicetak tebal lolos ke babak perempatfinal.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response