Liga Europa: Benfica Tahan Imbang Tottenham Hotspur 2-2

Ditulis 21 Mar 2014 - 03:57 oleh Eko Nurhuda
|
Benfica vs Tottenham Hotspur

Dua gol telat Nacer Chadli tak mampu meloloskan Tottenham Hotspur ke perempatfinal.

LISBON (BanyumasNews.com) – SL Benfica sukses melaju ke babak perempatfinal Europa League setelah menyingkirkan klub Inggris Tottenham Hotspur. Meski hanya bermain imbang 2-2 di kandang sendiri, namun kemenangan 3-1 di pertemuan pertama membuat klub asal Lisbon ini menang agregat 5-3.

Kekalahan 1-3 di kandang sendiri pada pertemuan pertama benar-benar membuat Spurs mati kutu saat bertandang ke Estadio Da Luz, Jumat (21/3) dini hari WIB). Membutuhkan kemenangan setidaknya 3-0 untuk lolos ke babak perempatfinal, tim asuhan Tim Sherwood baru bisa mencetak gol di 15 menit terakhir dan gagal menjaga gawang sendiri dari kebobolan.

Benfica unggul lebih dulu saat pertandingan memasuki menit ke-34. Gol tercipta menyusul serangkaian sepak pojok yang didapatkan tuan rumah. Setelah Nabil Bentaleb berhasil menggagalkan corner-kick pertama, di kesempatan kedua bola hasil tendangan Eduardo Salvio sukses menemui rekan sendiri. Ezequiel Garay menanduk si kulit bundar ke dalam gawang.

Tertinggal satu gol membuat Spurs terlecut. Dengan gol ini, tugas tim tamu semakin berat karena harus mencetak empat gol jika ingin lolos langsung. Setidaknya Spurs bisa memaksakan menang 3-1 agar pertandingan berlanjut ke babak adu penalti.

Namun tekanan membuat permainan Spurs tak berkembang. Beberapa kali tembakan mereka gagak menemui sasaran karena kurang tenang dan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sebaliknya, Benfica nyaman bertahan sambil sesekali melepas serangan balik.

Spurs baru bisa mencetak gol di menit ke-78. Mendapat bola hasil sundulan kepala Harry Kane, Nacer Chadli melepas tendangan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Bola melaju kencang ke pojok kiri bawah gawang tanpa mampu dihalau kiper. Gol! Skor 1-1, agregat 4-2.

Semenit berselang Chadli kembali mencetak gol. Lagi-lagi umpan sundulan Kane yang memberinya peluang matang. Kali ini Chadli menembak dari jarak dekat dengan kaki kiri. Kiper yang berusaha memblok bola terkecoh karena Chadli mengarahkan si kulit bundar ke pojok kanan atas gawang.

Papan skor berubah menjadi 1-2, dengan agregat menipis menjadi 4-3. Ini artinya, Spurs hanya butuh satu gol tambahan untuk membuat agregat imbang dan mendapatkan 30 menit tambahan plus adu penalti. Sayang, bukannya menambah gol, justru gawang Brad Friedel yang kembali kebobolan di masa injury time.

Memasuki menit keempat waktu tambahan, Sandro melakukan pelanggaran di kotak penalti. Lima yang menjadi eksekutor berhasil mengecoh Friedel. Skor pun berubah menjadi 2-2 dan agregat kembali menguntungkan Benfica, 5-3.

Kekalahan Spurs ini membuat wakil Inggris habis di Europa League.

Benfica 2 – 2 Tottenham Hotspur
(Garay 34′, Lima 90’p. – Chadli 78′, 79′)

Benfica: 41 Oblak, 14 Maxi Pereira, 16 Siqueira, 6 Amorim, 4 Luisão, 24 Garay, 18 Salvio, 30 André Gomes, 7 Cardozo (Lima – 76′), 10 Djuricic (Pérez – 71′), 8 Sulejmani (Markovic – 93′)

Tottenham Hotspur: 24 Friedel, 16 Naughton, 3 Rose, 22 Sigurdsson, 30 Sandro, 35 Fryers, 7 Lennon, 42 Bentaleb, 9 Soldado (Kane – 71′), 21 Chadli, 17 Townsend (Eriksen – 76′)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response