Karangbanjar optimistis ikuti lomba desa tingkat nasional

Ditulis 16 Jul 2009 - 21:40 oleh Sista BNC

Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari tengah melakukan persiapan mengikuti lomba desa tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah. Saat ini proses persiapan Karangbanjar untuk maju ditingkat nasional telah mencapai 90 %, baik proses administrasi, sarana dan prasarana serta partisipasi warga masyarakat. Rencananya pada bulan Juli 2009 tim evaluasi pusat akan menilai 13 propinsi se Indonesia.
Kades Karangbanjar Atingah mengatakan Desa Karangbanjar terpilih mengikuti lomba desa tingkat nasional, setelah beberapa waktu lalu mewakili Kabupaten Purbalingga di ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan mendapat rangking pertama ditingkat Jawa Tengah.
Dari 13 propinsi se-Indonesia yang diusulkan mengikuti lomba, nantinya akan diambil 8 desa untuk dievaluasi. Pihaknya merasa optimistis dan siap untuk maju mengikuti lomba desa dengan target masuk kreteria 8 besar nasional.
Ditambahkan Atingah, dalam lomba desa tingkat nasional kali ini ada 8 indikator penilaian yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi warga masyarakat, pemerintahan, kelembagaan dan PKK. Saat ini Desa Karangbanjar telah masuk dalam tahap pembinaan dan tengah melakukan persiapan dengan baik agar dapat mendapat predikat juara nasional.
Atingah berharap, dengan persiapan dan pembinaan yang matang Karangbanjar dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam lomba desa kali ini. Hal tersebut mengingat Karangbanjar merupakan desa wisata dengan berbagai potensi yang ada yakni home industri rambut, homestay dan industri makanan ringan.(banyumasnews.com/dia)

Tentang Penulis

Leave A Response