KA Kaligung Hantam Odong-Odong, Satu Tewas, Belasan Luka

Ditulis 19 Mar 2014 - 19:37 oleh Yit BNC

Laka Kaligung vs Odong-odongKENDAL (BanyumasNews.Com)  – Kereta Kaligung Mas jurusan Tegal – Semarang menabrak odong-odong di perlintasan kereta api di Desa Karanganom, Kecamatan Weleri, kabupaten Kendal (Jateng), Rabu (19/3/2014) sore sekitar pukul 15.00 WIB. Satu orang dilaporkan tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka.

Kereta odong-odong dengan penumpang sekitar 20 orang menerobos palang pintu kereta api. Tanpa diduga, KA Kaligung yang hendak ke Semarang langsung menabraknya. Sejumlah penumpang sempat meloncat ketika melihat KA Kaligung Mas melaju dari arah barat sesaat setelah palang pintu ditutup. Sejumlah penumpang odong-odong ‘Indah Sejahtera’ bernomor polisi B 1422 LP tak sempat menyelamatkan diri.

Ngadinah, salah seorang penumpang selamat mengatakan, odong-odong dalam keadaan penuh penumpang. Sopir menerobos palang pintu dan tidak tahu kereta melaju dari arah barat. Sebagian penumpang terpental keluar dari odong-odong dan ada yang terseret bersama kereta mini hingga 200 meter.

“Setahu saya pintunya tertutup dan sopir menerobos dan tiba-tiba ada kereta melaju,’ katanya.

Kasat Lantas Polres Kendal, AKP Christian Aer masih memeriksa sejumlah saksi termasuk penjaga pintu perlintasan. “Dugaan sementara kereta mini atau odong-odong menerbos palang pintu dan tidak tahu kereta api kaligung mas melaju kencang dari arah barat,” katanya.

Korban tewas satu orang atas nama Ramisih (60) warga Dusun Tempel Desa Bumiayu Weleri. Sedangkan korban luka yang dirawat di RSI Kendal sebanyak 9 orang dan di klinik Kurnia Medica sebanyak 3 orang. Satu korban yakni Arikah (5) dalam kondisi kritis.

Sopir odong-odong, Nurul Fahmi (37) warga Sambongsari Weleri mengatakan, palang pintu perlintasan sudah terbuka. Namun tiba-tiba pintu tertutup lagi padahal posisi odong-odong sudah berada di tengah perlintasan. “Pintunya sudah terbuka dan tertutup lagi, saya tidak sempat melompat langsung ditabrak,” ujar Nurul. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response