Prediksi Liga Champion: Borussia Dortmund vs Zenit St Petersburg

Ditulis 19 Mar 2014 - 15:55 oleh Eko Nurhuda
|
Zenit St Petersburg vs Borussia Dortmund

Robert Lewandowski, mencetak 2 gol dan membawa Borussia Dortmund menang 4-2 di kandang Zenit St. Petersburg.

DORTMUND (BanyumasNews.com) – Zenit St Petersburg membutuhkan keajaiban di kandang Borussia Dortmund untuk bisa lolos ke babak perempatfinal Liga Champion. Bukan apa-apa, klub Rusia tersebut kalah 2-4 pada pertemuan pertama di kandang sendiri. Kekalahan yang menyebabkan pelatih Luciano Spalletti dicopot.

Zenit sudah menunjuk eks manajer Tottenham Hotspur Andre Villas-Boas sebagai pengganti Spalletti. Namun manajer asal Portugal tersebut belum akan memimpin pasukan di pinggir lapangan saat dijamu Dortmund pada Kamis (20/3) dini hari nanti. Wajar, AVB baru dikontrak pada 18 Maret, alias hanya sehari jelang lawatan ke Jerman. Caretaker pelatih Sergei Semak menjadi sosok yang bakal menemani skuat Zenit.

“Peluang kami tipis, tapi keajaiban kadang-kadang terjadi,” ujar Semak seperti dikutip BBC Sport.

Ucapan Semak tidak salah sama sekali. Jika ingin melaju ke babak perempatfinal, Zenit harus menang bersih setidaknya 3-0. Skor 4-1 juga boleh, yang jelas wakil Rusia ini wajib unggul dengan selisih bersih tiga gol. Seperti kata Semak, hal ini tak mudah dilakukan di kandang Dortmund, mengingat tuan rumah punya rekor selalu memenangkan 9 laga kandang di ajang Liga Champion.

Zenit boleh berharap keajaiban datang karena mereka pergi ke Jerman dengan kekuatan penuh. Sedangkan Dortmund harus kehilangan pemain sayap Marco Reus dan gelandang Sven Bender yang terhantam cedera. Reus bahkan sudah tidak tampil di dua laga Bundesliga terakhir.

“Sayang sekali ia tidak dapat mengikuti latihan tim hari ini dan tidak akan bisa bermain besok,” ujar pelatih Dortmund Jurgen Klopp kepada BBC, Selasa (18/3) lalu.

Rentetan cedera yang menghantam pemainnya telah memaksa Klopp melakukan serangkaian bongkar-pasang demi menyesuaikan taktik dengan stok pemain yang tersedia. Namun Klopp bersyukur kemenangan di leg pertama membuat tugas mereka jauh lebih ringan di laga dini hari nanti.

“Rencananya adalah menjadikan laga nanti malam sebagai pertandingan sepak bola normal. Idealnya kami memasuki lapangan dengan pikiran bahwa ini adalah babak kedua dari sebuah pertandingan. Leg pertama tak lebih sebagai urutan dari leg kedua,” tambahnya.

Pendapat senada diberikan bek Marcel Schmelzer. Meskipun lebih diunggulkan, serta berstatus sebagai runner-up musim lalu, Dortmund belum memperoleh apa-apa dari leg pertama.

“Kami tak percaya bahwa kami sudah aman untuk ke perempatfinal. St. Petersburg akan membuat kami kerepotan,” ujar Shmelzer.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response